Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Dinding Batu Bata Ekspos

Selain akan membuat ruangan menjadi berkesan rustic dan berkarakter, pengolahan dinding dengan cara mengekspos batu bata juga akan menghemat biaya pembangunan.

Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Dinding Batu Bata Ekspos
(Foto : touqid)

RumahHokie.com (Jakarta) – Berbagai macam cara bisa ditempuh untuk mendapatkan tampilan interior yang unik. Salah satu caranya adalah dengan mengekspos batu bata pada dinding. Melalui cara itu, ruangan akan nampak bergaya natural.

Selain akan membuat ruangan menjadi berkesan rustic dan berkarakter, pengolahan dinding dengan cara mengekspos batu bata juga akan menghemat biaya pembangunan atau renovasi. Pasalnya pemilik hunian tak perlu melapisi dinding ruangan dengan plesteran, acian dan cat.

Akan tetapi sebelum menggunakan dinding bata ekspos, ada baiknya pemilik rumah perlu mengetahui kekurangan dan kelebihan bila mengolah dinding ruangan dengan cara tersebut. Berikut ini ulasannya!

Baca Juga : Trik Menata Ruang Tamu di Rumah Tipe 36 Agar Tetap Nyaman

Kelebihan
-Mengekspos batu bata pada sisi dinding dalam ruangan, akan membuat pemilik bangunan menghemat dana pengeluaran renovasi. Karena tidak memerlukan ongkos untuk acian, plesteran dan cat untuk melapisi dinding. Pemilik hunian hanya perlu melapisi dinding bata dengan cairan coating untuk menghindari timbulnya jamur pada permukaan dinding.

-Dinding dengan batu bata yang diekspose, akan menegaskan kesan rustic yang diperlukan pada interior bergaya industrial. Selain itu bisa pula diaplikasikan pada interior bergaya klasik atau shabby chic.

-Menciptakan suasana hangat dan natural pada ruangan.

Baca Juga : Material Semen Ekspos Buat Tampilan Rumah Terkesan ‘Jaman Now’

Kekurangan
-Lebih beresiko timbul keretakan dan menyebarkan debu yang dapat menimbulkan penyakit seperti gangguan pernapasan.

-Ketika proses pemasangannya, membutuhkan waktu yang lama karena diperlukan
ketelitian untuk menghasilkan susunan bata yang presisi. Pemilik rumah bisa meminta
bantuan tukang yang profesional untuk mengerjakannya, agar hasilnya lebih maksimal.

-Karena permukaan dinding yang diolah dengan cara mengekspose batu bata tidak ditutupi lapisan semen, maka akan cenderung lebih mudah ditumbuhi jamur dan lumut akibat
kelembaban udara. Akan tetapi, pemilik rumah bisa mencegah hal itu dengan melapisi dinding
batu bata dengan lapisan coating khusus material tersebut yang banyak beredar di pasaran.

Demikianlah kelebihan dan kekurangan dari aplikasi dinding dengan batu bata ekspose. Apabila merasa cocok dengan cara mengolah dinding seperti itu, Hokie People dapat menggunakannya untuk pembangunan rumah impian.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

 

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda