Kelebihan dan Kekurangan Berbagai Material Pagar Rumah

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini telah banyak pilihan model desain pagar rumah serta material dasar pembuatnya yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Koleksi Desain Pagar Kayu Rumah Minimalis
(Foto: Kioopo)

RumahHokie.com (Jakarta) – Keberadaan pagar rumah bukan hanya berfungsi untuk memperindah tampilan hunian saja, akan tapi juga untuk melindungi rumah agar lebih aman. Oleh karena itu, pemilihan material pagar menjadi hal yang perlu diperhatikan.

Seiring dengan perkembangan zaman, saat ini telah banyak pilihan model desain pagar rumah serta material dasar pembuatnya yang dapat digunakan sesuai dengan kebutuhan.

Setiap jenis dari material pagar rumah memiliki kelebihan serta kekurangannya. Berikut ini macam-macam material pagar yang dapat digunakan pada hunian.

Material kayu
Kayu merupakan salah satu material yang banyak digunakan sebagai pagar rumah, karena punya kesan natural.

Baca Juga: Ini Dia Tips Membuat Tampilan Pagar Rumah Menjadi Indah

Meskipun demikian, kelemahan pagar bermaterialkan kayu akan lebih cepat rusah serta keropos apabila terkena rayap. Material ini pun akan lapuk seiring dengan seringnya terkena air hujan dan panas matahari.

Material baja ringan
Baja ringan saat ini menjadi material yang banyak digunakan dalam proses pembuatan rumah. Selain digunakan sebagai rangka atap, ternyata baja ringan juga banyak digunakan sebagai material pagar rumah. Material ini dikenal memiliki daya tahan yang kuat dan awet.

Pasalnya bahan baja ringan merupakan salah satu bahan yang akan tahan lama jika digunakan. Meski begitu, pemasangan baja ringan sebagai pagar rumah cenderung menelan biaya yang cukup tinggi.

Material besi
Besi juga menjadi material yang banyak digunakan untuk pagar rumah. Hal itu dikarenakan bahannya dianggap lebih kuat dan tahan lama.

Baca Juga: Selain Pembatas Hunian, Pagar Juga Difungsikan Sebagai Identitas

Biaya pemasangan pagar besi pun relatif cukup terjangkau dengan pemilihan model dan desain yang begitu banyak. Akan tetapi pagar rumah yang terbuat dari materia ini harus tetap dirawat untuk menghindarkan besi dari karat dan keropos.

Material batu bata
Dahulu batu bata cukup banyak digunakan sebagai material dalam pembuatan pagar rumah, karena memiliki kekuatan yang mumpuni dan relatif murah.

Baca Juga: Tips Mencegah Karat dan Keropos Pada Pagar Besi di Rumah

Dalam aplikasi, pemasangan dan perawatan batu bata sebagai material pagar hunian haruslah diperhatikan. Dengan begitu, batu bata sebagai pagar rumah akan bertahan lama untuk digunakan selama bertahun-tahun.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda