Kembangkan Apartemen Mahasiswa, APP Raih Pendapatan Signifikan

Dengan beragam fasilitas yang dimiliki, apartemen menjadi pilihan mahasiswa maupun para orang tua.

apartemen-mahasiswa-adhi-persada-properti-rumahhokie-anto-erawan-dok
Proyek apartemen mahasiswa besutan APP di Depok dan Yogyakarta paling sukses (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Gaya hidup mahasiswa mulai berubah. Dulu mereka terbiasa tinggal di indekos, kini hunian vertikal menjadi pilihan. Dengan beragam fasilitas yang dimiliki, apartemen menjadi pilihan mahasiswa maupun para orang tua. Selain itu, apartemen juga dinilai lebih aman dibanding indekos.

Peluang ini dibidik oleh PT Adhi Persada Properti dengan membangun apartemen untuk mahasiswa. Tercatat, ada beberapa kota yang dibidik oleh anak usaha BUMN PT Adhi Karya (Persero) Tbk ini, yaitu Depok, Jatinangor, Surabaya, Malang, dan Yogyakarta.

Baca Juga: APP Targetkan Tower Kedua Grand Dhika Jatiwarna Sold Out Tahun Ini

Kelima wilayah ini dinilai prospektif, karena memiliki puluhan perguruan tinggi dengan ribuan mahasiswa baru setiap tahunnya.

Wahyuni Sutantri, Direktur Pemasaran APP mengatakan, situasi pasar apartemen mahasiswa di Indonesia yang sangat besar inilah yang membuat kami mengembangkan lagi apartemen mahasiswa.

“Dengan brand Taman Melati, kami mengembangkan  apartemen mahasiswa di beberapa kawasan kampus terbaik, yaitu apartemen Taman Melati Margonda di Depok, Taman Melati Jatinangor di Sumedang, Taman Melati Surabaya MERR, Taman Melati Sinduadi Yogyakarta, serta Taman Melati Dinoyo Malang,” jelasnya.

Biaya Jadi Investasi
Pengamat properti David Cornelis mengatakan, tren hunian yang menyasar kalangan mahasiswa menengah atas tumbuh positif seiring dengan pembangunan beberapa kampus.

“Apartemen di dekat kampus dinilai menjanjikan, karena sangat prospektif secara investasi. Hal ini didukung oleh tingginya permintaan yang tak lepas dari besarnya potensi jumlah mahasiswa,” tutur David di ajang Mandiri Property Expo 2018, Senin (7/5/2018).

Baca Juga: Andalkan Akses LRT, ­Adhi Persada Properti Rilis The Conexio

David menambahkan, berpindahnya mahasiswa menghuni apartemen, juga akan mengubah pengelolaan keuangan orang tuanya. Jika biasanya orang tua mengeluarkan biaya untuk indekos anak-anaknya, dengan membeli apartemen ini, setiap bulan orang tua mengeluarkan cicilan apartemen, sehingga biaya bisa menjadi investasi.

Apartemen mahasiswa di Jalan Margonda Raya, Depok (Anto Erawan – RumahHokie.com)

“Bisnis apartemen mahasiswa masih berpotensi dan menjanjikan untuk disewakan dengan tingkat imbal hasil yang menarik. Selain harganya yang setiap tahun meningkat, seusai menyelesaikan studi sekitar empat tahun, apartemen dapat disewakan kembali,” katanya.

Sebagai informasi, imbuh David, harga sewa apartemen studio saat ini dipasaran sekitar Rp5 juta per bulan, sementara kenaikan harga bisa mencapai 12% per tahun.

Kontribusi Signifikan
Pada kesempatan yang sama, Happy Murdianto, Vice President of Sales APP mengatakan, harga properti di proyek-proyek APP rata-rata naik mencapai 8% – 15% per tahun.

PT Adhi Persada Properti, memiliki beberapa apartemen mahasiswa, yang terdiri dari 800 Unit di Taman Melati Margonda, 507 unit di Taman Melati Margonda, 939 unit di Grand Taman Melati Margonda 2,  758 unit di Taman Melati Jatinangor, 1.130 unit di Taman Melati MERR Surabaya, dan 899 unit di Taman Melati Sinduadi Yogyakarta. Sedangkan yang sedang dalam proses persiapan pembangunan, sebanyak 728 Unit di Taman Melati Dinoyo Malang.

Baca Juga: Gandeng PPD, APP Buka Rute Bus dari Grand Dhika City Jatiwarna

“Dari lima kota lokasi apartemen mahasiswa, proyek di Depok dan Yogyakarta merupakan yang paling sukses,” kata Happy.

Bisnis pembangunan apartemen mahasiswa, imbuhnya, memberikan kontribusi besar terhadap kinerja APP. Di 2017 lalu, proyek apartemen mahasiswa memberikan kontribusi sebesar 35% – 40% dari total pendapatan APP.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda