Kembangkan Proyek Golf Villa, Jababeka Gandeng Dua Developer Jepang

Proyek golf villa yang akan diberi nama Paradiso Jababeka Golf ini bakal menjadi salah satu proyek kelas atas Jababeka Residence tahun ini.

jababeka residence - golf villa - Paradiso Jababeka Golf - Keihan Real Estate - Nice Corporation - jepang - rumahhokie - dok2
Dari Kananke Kiri: Koichiro Hirata,  Chairman Nice Corporation; Sutedja S. Darmono,  President Director PT Grahabuana Cikarang; dan Yoshihisa Doumoto, President Keihan Real Estate Co., Ltd.. saat penandatanganan kerjasama (Foto: Dok. Jababeka)

RumahHokie.com (Jakarta) – Melalui anak usahanya, PT Grahabuana Cikarang, PT Jababeka, Tbk. melakukan joint venture dengan dua pengembang asal Jepang: Keihan Real Estate Co., Ltd. dan Nice Corporation untuk mengembangkan lahan hunian seluas 2,7 hektar dengan konsep golf.

Penendatanganan note kesepakatan dilakukan Sutedja S. Darmono, President Director PT Grahabuana Cikarang; Yoshihisa Doumoto, President Keihan Real Estate Co., Ltd.; dan Koichiro Hirata, Chairman Nice Corporation di Jakarta, Rabu (5/9/2018).

Baca Juga: Gandeng AEON, PP Properti Jababeka Residen Bangun Fasilitas Ritel di Little Tokyo

Dalam perusahaan patungan ini, Jababeka menguasai 49% saham, sementara Keihan Real Estate Co., Ltd. dan Nice Corporation masing-masing memegang 48% dan 3%.

Sutedja S. Darmono mengatakan, ini adalah kali kedua pihaknya menggandeng developer Jepang untuk mengembangkan proyek hunian, setelah sebelumnya merangkul Creed Group untuk membangun Kawana Golf Residence.

“Saat ini adalah waktu yang tepat mengembangkan kawasan Jababeka Residence menjadi kawasan residensial kelas atas. Melalui kerjasama ini, kami berharap dapat merealisasikan pengembangan kawasan residensial berstandar internasional guna memenuhi kebutuhan residensial kelas menengah atas dan kalangan ekspatriat,” jelas Sutedja.

Baca Juga: Jababeka Luncurkan Ginza, Business Loft Pertama di Timur Jakarta

Sementara itu, General Manager Corporate Marketing PT Grahabuana Cikarang, Handoyo Lim menuturkan, proyek golf villa yang akan diberi nama Paradiso Jababeka Golf ini bakal menjadi salah satu proyek kelas atas Jababeka Residence tahun ini.

“Hunian ini berkonsep cluster di lingkungan golf dengan desain khas Jepang. Cluster golf villa memiliki akses langsung ke lapangan Jababeka Golf & Country Club. Setiap rumah memiliki backyard yang terhubung dengan pedestrian walk berkonsep landscape Jepang yang asri,” papar Handoyo Lim.

Dia meyakini kualitas produk hunian ini mumpuni, mengingat pengalaman Keihan yang lebih dari 100 tahun dan kualitas “Suteki Home” karya Nice Group yang tahan gempa serta garansi bangunan 10 tahun.

Joint Venture Perdana
Pada kesempatan yang sama, President Keihan Real Estate Co., Ltd., Yoshihisa Doumoto menjelaskan, proyek golf villa di Jababeka Residence ini merupakan proyek joint venture pertama mereka di Indonesia.

Menurutnya, Indonesia memiliki potensi ekonomi luar biasa, dengan lahan yang luas dan jumlah populasi usia produktif tertinggi di ASEAN. Sementara, Jababeka merupakan kota industri terbesar di Indonesia dengan ribuan perusahaan multinasional serta fasilitas lapangan golf yang tidak asing bagi komunitas Jepang.

Baca Juga: Potensi Investasi Kawasan Timur Jakarta di Mata Broker Properti

“Melalui proyek golf villa ini, kami berharap dapat memberikan pilihan residensial mewah dengan keunikan view dan lifestyle golf, sehingga memperkuat portofolio kami sebagai developer papan atas,” papar Yoshihisa Doumoto.

Integrated Developer
Keihan Real Estate Co., Ltd. merupakan integrated developer yang membangun proyek residensial yang mengacu pada jalur transportasi kereta api (Keihan Line) yang dibangun Keihan Group.

Jalur utama Keihan Line di Jepang meliputi kawasan Osaka-Kyoto menjadi salah satu daya tarik turis karena pemandangan indah sepanjang jalur tersebut. Selain pengelolaan transportasi kereta api, Keihan Group memiliki unit bisnis real estate, ritel dan leisure, dengan total 50 anak perusahan.

Baca Juga: Apa Perbedaan Strategi Developer China dan Jepang di Indonesia?

Portofolio Keihan Real Estate Co., Ltd. mencakup pengembangan properti, manajemen properti, pemasaran properti residensial, konstruksi dan lainnya. Salah satu proyek unggulan Keihan Real Estate Co., Ltd. adalah kawasan residensial eksklusif “The FINE”, dengan desain yang berfokus pada lifestyle dan berhasil meraih penghargaan Good Design Award pada 2017. Saat ini proyek residensial ‘The FINE” terdapat di Yokohama, Nishinomiya, Osaka dan Tokyo.

Keihan Real Estate Co., Ltd. berpengalaman membangun kawasan properti yang sinergis dengan jalur kereta api yang dioperasikannya, seperti kondominium mewah 45 lantai “The FINE – Umeda Tomosaki” di Osaka serta apartemen “The Kyoto Residence” di Kyoto. Pengalaman tersebut akan bermanfaat bagi Jababeka sebab proyek golf villa akan terintegrasi dengan pusat transit oriented development (TOD) di CBD Jababeka.

Suteki Home
Di lain pihak, Nice Group adalah kelompok usaha yang bergerak dalam pembangunan perumahan. Uniknya, Nice Group menggunakan kayu dari pohon yang ditanam secara swadaya sebagai material utama bangunan. Bahkan, produksi kayu per tahunnya mencapai 1 juta m3 atau setara dengan 50.000 rumah kayu—salah satu yang terbesar di Jepang.

Baca Juga: Rambah Indonesia, Suteki Home Incar Koridor Jakarta – Karawang

Selain pemasok material, Nice Group juga mengembangkan proyek rumah stand-alone dan apartemen. Brand rumah stand-alone milik Nice Group, yakni Suteki Home dikenal tahan gempa.

Suteki Home dipasarkan secara global, termasuk di Eropa, Afrika dan Amerika Serikat. Di Indonesia, Suteki Home bisa dijumpai di kawasan Cikarang. Untuk hunian tapak ini, Nice Group memberikan garansi anti retak dan anti bocor selama 10 tahun.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda