KemenPUPR Lengkapi Fasilitas Wisma Atlet untuk Penyandang Disabilitas

Terdapat 1.000 unit kamar khusus penyandang disabilitas yang telah disiapkan di Wisma Atlet Kemayoran guna mendukung pelaksanaan event Asian Paragames 2018.

KemenPUPR-Wisma Atlet Kemayoran-RumahHokie,com
(Foto: KemenPUPR)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR) terus melengkapi berbagai akses yang layak dan ramah untuk para penyandang disabilitas di Wisma Atlet Asian Games Kemayoran, Jakarta.

Terdapat 1.000 unit kamar khusus penyandang disabilitas yang telah disiapkan di Wisma Atlet Kemayoran guna mendukung pelaksanaan event Asian Paragames yang akan digelar di Ibukota pada akhir tahun ini.

“Hingga kini kami terus melengkapi sejumlah fasilitas khusus bagi penyandang disabilitas. Sudah 35% progres pengerjaannya,”ujar Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Khalawi Abdul Hamid kepada sejumlah wartawan disaat melakukan Press Tour ‘Program Satu Juta Rumah’ ke Wisma Atlet Kemayoran, Jakarta, Selasa (22/5/2018).

Baca Juga : Siap Dihuni, Begini Penampilan Wisma Atlet Kemayoran yang Nyaman

Khalawi mengungkapkan dengan jumlah anggaran sekitar Rp185 miliar, kamar bagi atlet berkebutuhan khusus dilengkapi oleh serangkaian fasilitas yang mendukung kenyamanan mereka.

Diperkirakan renovasi aksesibilitas untuk Asian Paragames yang dilaksanakan KemenPUPR di Rumah Susun Bertingkat Tinggi di kawasan Kemayoran tersebut akan selesai pada awal bulan Juli mendatang.

“Kami perkirakan renovasi gedung baik penambahan lift khusus serta kamar khusus penyandang disabilitas akan selesai bulan Juli. Perombakan pada kamar dilakukan agar kursi roda bisa masuk ke kamar,” tuturnya.

Renovasi bangunan dilakukan dengan penambahan ramp grab bar di kamar mandi pada unit hunian kursi roda, yakni sebanyak 200 unit per tower.

Penambahan lift untuk akses kursi roda serta ramp & treshold di lantai beda elevasi juga dilakukan dalam pengerjaan renovasi bangunan tersebut.

Baca Juga : KemenPUPR Akan Bangun 3 Rusunawa untuk ASN Kemenkumham

Renovasi wisma atlet itu juga mengerjakan tactile pada lantai untuk penuntun arah yang di pasang pada area publik. Mereka juga mengaplikasikan signage & directory dan railing pada tangga di area publik.

“Pelaksanaan Asian Games dan Asian Paragames sama-sama penting. Kami berusaha sebaik-baiknya dalam membangun fasilitas wisma bagi para atlet,” kata Khalawi.

Berdasarkan data yang ada, KemenPUPR saat ini sudah menyelesaikan pembangunan Wisma Atlet Kemayoran untuk Asian Games sebanyak 10 tower yang terdiri dari tiga tower di Blok C-2 seluas 135.000 meter persegi dan tujuh tower di Blok D-10 seluas 333.700 meter persegi di kawasan Kemayoran.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda