KemenPUPR Minta Appernas Turut Andil Bangun Hunian Subsidi

Menurut data yang dimiliki Kementerian PUPR usulan bantuan untuk rumah berbasis komunitas tahun 2020, berjumlah 9.000 unit.

APPERNAS Jaya, Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid, Jaya Andriliwan Muhamad
Kementerian PUPR berharap Appernas Jaya turut hadir dalam membangun rumah untuk masyarakat. (Foto: dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) meminta Aliansi Pengembang Perumahan Nasional (Appernas) Jaya untuk berperan membangkitkan pasar properti di Indonesia.

Direktur Jenderal Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid mengatakan pihaknya berharap organisasi pengembang itu turut andil dalam membangun hunian untuk masyarakat.

“Kami berharap Appernas Jaya ikut hadir dalam membangkitkan semangat pasar properti di Indonesia. Apalagi pemerintah memiliki Program Sejuta Rumah yanng merupakan program perumahan kolaborasi dengan seluru mitra kerja,” ujar dia, saat membuka Rakernas dan Perayaan HUT Ke-1 Appernas Jaya di Jakarta, beberapa waktu lalu,

Baca Juga: Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, Ini Strategi Kementerian PUPR di Bidang Perumahan

Khalawi menambahkan, Kementerian PUPR mengapresiasi pembangunan rumah yang sudah dikerjakan selama ini oleh Appernas Jaya.

Lebih lanjut dia mengatakan, pemerintah akan terus berupaya menjaga stabilitas pasar properti ditengah-tengah muncul wabah penyakit virus Corona.

Untuk itu, pihak Kementerian telah menganggarkan sejumlah bantuan perumahan dengan menambah kuota subsidi.

“Kami akan melanjutkan Program Sejuta Rumah dengan berbagai penguatan. Langkah pertama, kami melanjutkan Program Rumah Berbasis Komunitas yang diperuntukan untuk kalangan masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) non fix income,” tutur Khalawi.

Baca Juga: Kementerian PUPR Akan Siapkan PSU untuk Kelaikan Rumah Komunitas

Apalagi, menurut dia minat dari pemerintah daerah juga sangat besar sekali.  Tercatat terdapat 32 kabupaten/kota yang sudah mengajukan permohonan bantuan program Kementerian PUPR tersebut.

Menurut data yang dimiliki Kementerian PUPR usulan bantuan untuk rumah berbasis komunitas tahun 2020, berjumlah 9.000 unit.

Selain itu, pemerintah juga akan mendorong program pembangunan rumah berskala besar yang sesuai dengan Peraturan Menteri tentang hunian berimbang yaitu pengembang wajib membangun rumah untuk MBR, disamping mendirikan pula hunian untuk komersil.

Baca Juga: Disrupsi Teknologi Digadang Mampu Dukung Program Perumahan Rakyat

Sementara itu, dalam kesempatan yang sama Ketua Umum Appernas Jaya, Andriliwan Muhamad berkomentar meski baru berusia satu satu, organisasinya ternyata mampu memberikan kontribusi dalam pembangunan rumah.

Lebih lanjut Andriliwan menambahkan, Appernas Jaya menyatakan siap membangun pabrik rumah di Ibukota baru, untuk membantu pengembang membangun hunian subsidi dengan cepat.

“Kami siap menawarkan solusi kepada pemerintah untuk membangun rumah MBR dan tidak membebani APBN,” pungkas dia.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda