KemenPUPR: Pemda Minati Program Bedah Rumah dan Rusun

Program Bedah Rumah-RumahHokie.com
Ilustrasi program bedah rumah. (Foto: dok. RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Pemerintah daerah kini sangat berminat untuk mendukung program bedah rumah dan pembangunan rumah susun (rusun). Kedua program itu menjadi salah satu prioritas yang dilakukan oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (KemenPUPR).

Selain dapat menjadi solusi untuk mengatasi kekurangan kebutuhan (backlog) perumahan, hadirnya program KemenPUPR tersebut dinilai juga membuat masyarakat berkesempatan untuk memiliki rumah yang layak huni.

Dilansir dari siaran pers yang diterima RumahHokie.com, Senin (13/08/2018), Dirjen Penyediaan Perumahan KemenPUPR, Khalawi Abdul Hamid, mengatakan pemerintah daerah mau tidak mau harus memberikan perhatian kepada program tersebut.

Baca Juga : Ini Syarat Dapat Bantuan Program Bedah Rumah dari Pemerintah

“Melalui APBN, kami hanya bisa mampu memenuhi sekitar 20% kebutuhan hunian bagi masyarakat. Sisanya adalah partisipasi dari Pemda, masyarakat, pengembang properti dan sektor swasta lainnya,” jelasnya.

Menurut Khalawi, salah satu yang perlu mendapat perhatian dari Pemda adalah pembangunan rumah swadaya atau bedah rumah dan rumah susun (rusun).

Saat ini, hampir 80% pembangunan rumah dilaksanakan oleh masyarakat secara swadaya. Namun demikian, tidak semua masyarakat mampu membangun rumahnya dengan layak huni. Mereka yang belum mampu itulah yang harus dibantu oleh Pemda.

“Negara harus hadir dalam membantu masyarakat yang kurang mampu untuk mendapatkan hunian yang lebih layak,” kata Khalawi.

Baca Juga : 2018, Kabupaten Asmat Dapat Bantuan Program Bedah Rumah dan Rumah Khusus

Ia melanjutkan, salah satu program yang dapat dimanfaatkan oleh Pemda adalah Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah yang diselenggarakan oleh pihaknya.

Untuk besaran jumlah bantuannya, sekitar Rp15 juta untuk peningkatan kualitas dan Rp30 juta untuk pembangunan rumah baru.

Meskipun demikian, Khalawi menambahkan, adanya stiumulan tersebut tentunya belum mencukupi untuk membangun rumah.

“Pemda juga harus memberikan sharing dana dan mendorong komunitas-komunitas masyarakat yang ada di daerahnya untuk fokus dalam mebantu mereka yang membutuhkan bantuan perumahan,” ucapnya.

Sementara itu, Bupati Lampung Utara, Agung Ilmu Mangkunegara, menyatakan, pihaknya siap mendukung Program Satu Juta Rumah yang dilaksanakan oleh Kementerian PUPR. “Kami juga siap untuk mengalokasikan dana APBD untuk program perumahan,” ucapnya.

Sebagai informasi, belum lama ini Agung melakukan kunjungan ke KemenPUPR untuk mengajukan usulan BSPS tahun 2019 mendatang.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda