Kementerian PUPR Akan Siapkan PSU untuk Kelaikan Rumah Komunitas

Dengan adanya PSU, diharapkan dapat membuat lingkungan perumahan komunitas masyarakat menjadi lebih layak dan nyaman untuk ditempati.

perumahan berbasis komunitas, Kementerian PUPR, Mochammad Yusuf Hariagung
Kementerian PUPR akan menyiapkan bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU) untuk mendukung perumahan berbasis komunitas. (Foto: SINDOnews)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kementerian PUPR akan menyiapkan bantuan prasarana, sarana dan utilitas (PSU), seperti jalan lingkungan serta air bersih untuk mendukung pembangunan perumahan berbasis komunitas di seluruh wilayah Indonesia.

Dengan adanya PSU tersebut, diharapkan dapat membuat lingkungan perumahan komunitas masyarakat menjadi lebih layak dan nyaman untuk ditempati.

“Langkah ini menjadi representasi kami untuk mendorong pemenuhan rumah bagi
Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR),” ujar Mochammad Yusuf Hariagung, Direktur Rumah Umum dan Komersial Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, seperti dilansir dari siaran pers, Ahad (08/03/2020).

Baca Juga: Mau Dapat Bantuan Rumah Berbasis Komunitas? Begini Syaratnya

Dia mengatakan, perumahan berbasis komunitas merupakan hunian yang dibangun secara swadaya oleh masyarakat, melalui program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Belum lama ini, dia mencontohkan melalui program hunian subsidi tersebut Kementerian PUPR memberikan bantuan rumah kepada komunitas petugas kebersihan di Kota Prabumulih, Sumatera Selatan.

Yusuf menjelaskan, di atas lahan seluas 4 hektar, pemerintah membangun rumah tipe 36 yang layak huni, sebanyak 223 unit hunian.

Baca Juga: Kementerian PUPR Gunakan Dua Skema untuk Pembangunan Perumahan Berbasis Komunitas

Bantuan rumah bagi petugas kebersihan di Prabumulih tersebut, imbuhnya, merupakan salah satu program yang dibangun melalui kolaborasi antara pemerintah pusat, pemerintah daerah, koperasi, dan komunitas masyarakat.

“Pembangunan rumah komunitas ini merupakan upaya bersama untuk meningkatkan taraf hidup dan kesejahteraan para petugas kebersihan yang bertugas di Kota Prabumulih,” terang Mochammad Yusuf Hariagung.

Menurut dia, dengan adanya kolaborasi berbagai pihak terkait, akan semakin memudahkan dalam mewujudkan bantuan perumahan untuk masyarakat.

Baca Juga: 223 Petugas Kebersihan Kota Prabumulih Bakal Dapat Bantuan Rumah

Selain itu, Yusuf berujar cara kolaborasi tersebut merupakan salah satu inovasi dan terobosan untuk menyediakan rumah layak bagi MBR, sekaligus mendorong pencapaian Program Sejuta Rumah.

“Dengan total luas empat hektar dan daya tampung 223 unit, rumah komunitas bagi Petugas Kebersihan di Kota Prabumulih ini menjadi contoh pengembangan program bantuan yang masif di Provinsi Sumatera Selatan,” tandasnya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda