Kementerian PUPR Bangun Rusun Khusus Peneliti LIPI di Cibinong

Berdasarkan data dari Kementerian PUPR, setidaknya telah dibangun tiga tower rusun setinggi empat lantai untuk para peneliti LIPI.

Rusun LIPI-Kementerian PUPR
(Foto: dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Cibinong) – Kementerian PUPR membangun rumah susun (Rusun) bagi para peneliti dan pegawai Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) di Cibinong, Bogor. Fasilitas hunian itu dibangun untuk mendorong peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) di bidang penelitian.

Pembangunan rusun yang dilakukan Kementerian PUPR ini berada tidak jauh dari Cibinong Science Center Botanical Garden, yang merupakan tempat kerja para peneliti LIPI.

Berdasarkan data dari Kementerian PUPR, setidaknya telah dibangun tiga tower rusun setinggi empat lantai untuk peneliti LIPI di lokasi tersebut.

Baca Juga: KemenPUPR Bangun Rusun Khusus Paspampres di Tanah Abang

Tower pertama dan kedua dibangun pada tahun 2013 dan 2015. Sedangkan tower ke tiga dibangun pada tahun 2018 lalu.

Khusus untuk tower ke tiga, seluruh unit hunian yang dibangun dengan tipe 36 telah dilengkapi dengan berbagai perabot furnitur, seperti tempat tidur, lemari pakaian, meja dan kursi tamu serta satu set meja kursi makan.

Selain itu, beberapa fasilitas juga telah tersedia di hunian subsidi itu, seperti ruang minimarket, ruang serbaguna dan sekretariat RT.

M Hidayat, Direktur Rumah Susun Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR berujar, pihaknya berharap dengan pembangunan rusun di Cibinong ini, para peneliti bisa lebih fokus dalam melaksanakan tugasnya di lapangan.

Baca Juga: Kementerian PUPR Integrasikan Sistem Perumahan Secara Online

“Kami harap, rusun ini bisa mempermudah para peneliti LIPI untuk memiliki tempat tinggal yang layak huni serta fokus dalam melaksanakan penelitiannya,” harapnya, seperti dilansir dari siaran pers, Selasa (26/03/2019).

Hidayat menjelaskan, rusun LIPI di Bogor yang dibangun pada tahun 2018 lalu itu menelan anggaran sekitar Rp16,8 milyar. Biaya tersebut meliputi konstruksi beserta dengan furnitur yang melengkapi setiap unit.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Dr. Ir. Agus Haryono, Deputi Bidang Ilmu Pengetahuan Teknik LIPI, menuturkan bantuan rusun LIPI di Cibinong sangat bermanfaat bagi para peneliti.

Baca Juga: Kementerian PUPR Resmikan Lima Rusunawa dan 50 Rusus di Jawa Tengah

Keberadaan rusun yang tidak terlalu jauh dari tempat kerja, akan mempermudah peneliti untuk bekerja di laboratorium LIPI.

Haryono menerangkan, LIPI memiliki berbagai pusat penelitian seperti biologi, bio teknologi, material, Pusbindiklat peneliti dan lokasi penelitian lainnya.

“Kami berharap para peneliti bisa bekerja lebih semangat dan melaksanakan tugas dengan baik. Rusun ini juga bermanfaat untuk tempat tinggal para peneliti muda yang membutuhkan hunian yang layak” tutup Haryono.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda