Kementerian PUPR Jatim Bina 229 Tenaga Fasilitator Bedah Rumah

Fasilitator program bedah rumah mendapatkan beberapa materi pembekalan. Diantaranya meliputi kebijakan Pelaksanan BSPS 2019 serta Teknik Fasilitasi dan Pendampingan.

NVT Penyediaan Perumahan Jawa Timur, Fasilitator Program Bedah Rumah
(Foto: dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Jawa Timur) – Satuan Kerja Non Vertikal Tertentu (SNVT) Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Jawa Timur membina 229 fasilitator untuk program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) atau bedah rumah di Hotel Aria Gajayana Malang, beberapa waktu lalu.

Kepala SNVT Penyediaan Perumahan Provinsi Jawa Timur, Ridwan Dibya Sudartha menjelaskan, pembekalan bagi koordinator fasilitator (Korfas) dan Tenaga Fasilitator Lapangan (TFL) ini dipersiapkan untuk mendampingi serta membantu masyarakat dalam program bedah rumah.

“Kami berharap para tenaga fasilitator dapat bertugas dengan baik, mendampingi masyarakat di lapangan untuk program BSPS atau bedah rumah,” ujarnya seperti dilansir dari siaran pers, Kamis (02/05/2019).

Baca Juga: Kementerian PUPR Bangun Rusun ASN di Pasar Jumat Senilai Rp181 Miliar

Sudharta mengatakan pembinaan yang dilakukan Kementerian PUPR Jawa Timur ini terbagi dalam dua tahap. Pelaksanaan pembekalan gelombang pertama, difokuskan pada wilayah I dengan jumlah peserta sebanyak 114 orang.

Nantinya, tenaga fasilitator program BSPS itu akan bertugas di 11 Kabupaten, yakni Kabupaten Sumenep, Bondowoso, Magetan, Ponorogo, Madiun, Banyuwangi, Pacitan, Lamongan, Bojonegoro, Probolinggo dan Gresik.

Sedangkan untuk gelombang kedua adalah wilayah II dengan jumlah peserta sebanyak 115 orang. Para fasilitator binaan akan disebar ke tujuh Kabupaten yakni Ngawi, Blitar, Tuban, Nganjuk, Jombang, Tulungaggung, Trenggalek.

Baca Juga: Kementerian PUPR Siapkan Tiga Desain Rusun untuk Generasi Milenial

Fasilitator program bedah rumah mendapatkan beberapa materi pembekalan. Diantaranya meliputi kebijakan Pelaksanan BSPS 2019, Mekanisme dan Strategi Penyaluran, serta Teknik Fasilitasi dan Pendampingan.

“Kami juga berkoordinasi dengan tim teknis dari tiap kabupaten dan Tim Koordinasi Provinsi Bidang Perumahan Jawa Timur. Kami berharap mereka juga ikut mengawal dan mengawasi proses berjalannya program BSPS 2019 sampai dengan program ini selesai,” kata Sudharta.

Baca Juga: Kementerian PUPR: CPNS Diharapkan Bantu Sosialisasi Program Sejuta Rumah

Berdasarkan rencana kerja SNVT Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR Jawa Timur, tahun 2019 pihaknya akan merealisasikan bantuan bedah rumah untuk 10.400 unit hunian di Jawa Timur.

“Tahun ini target rumah masyarakat yang akan kami bantu sebanyak 10.400 unit rumah. Jumlah anggaran yang akan disalurkan dalam program BSPS atau bedah rumah di Jawa Timur sekitar Rp156 miliar,” pungkas Ridwan Dibya Sudartha

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda