Kementerian PUPR Minta Himperra Dukung Program Sejuta Rumah

Himperra diharapkan dapat melakukan koordinasi yang aktif baik dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta pihak perbankan, untuk memperbanyak pembangunan rumah bersubsidi bagi masyarakat MBR.

Rakornas-Himperra, Kementerian PUPR, Program Sejuta Rumah, Khalawi Abdul Hamid
(Foto: dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Surabaya)Kementerian PUPR meminta para pengembang yang tergabung dalam asosiasi Himpunan Pengembang Permukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) untuk mendukung pelaksanaan Program Sejuta Rumah.

Himperra diharapkan dapat melakukan koordinasi yang aktif baik dengan pemerintah pusat maupun pemerintah daerah serta pihak perbankan, untuk memperbanyak pembangunan rumah bersubsidi bagi masyarakat berpenghasilan rendah (MBR) di Indonesia.

Dirjen Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid, mengatakan pihaknya berharap para pengembang yang tergabung dalam asosiasi tersebut dapat mendukung Program Sejuta Rumah.

Baca Juga: Empat Tahun Pelaksanaan, Capaian Program Sejuta Rumah 3,54 Juta Unit 

“Himperra juga harus lebih agresif dalam membangun rumah baik hunian untuk masyarakat
berpenghasilan rendah maupun non MBR,” ujar Khalawi saat membuka Rakornas Himperra di Hotel Shangri La Surabaya, Jawa Timur, Kamis (2/5/2019).

Dia juga berpesan kepada Himperra agar dapat berkoordinasi dengan sejumlah bank penyalur KPR bersubsidi FLPP seperti BTN dan bank-bank lainnya di Jawa Timur.

Dengan demikian, para pengembang di asosiasi ini juga dapat bertindak sebagai motor penggerak pembangunan rumah, khususnya KPR bagi MBR di daerah.

Baca Juga: Kementerian PUPR: CPNS Diharapkan Bantu Sosialisasi Program Sejuta Rumah

“Saat ini informasi dari BTN Jawa Timur kuota KPR FLPP di Jawa Timur sudah habis. Tentu hal ini menunjukkan bahwa pasar properti, khususnya rumah bersubsidi di Jatim sangat diminati masyarakat,” ucap Khalawi.

Ia berharap, Himperra dapat membangkitkan lagi semangat untuk bersama-sama menyelesaikan masalah perumahan di Indonesia.

Pasalanya, hingga saat ini dengan konsep dan strategi yang baku, dapat dijadikan pedoman dalam penyelenggaraan pembangunan di bidang perumahan untuk jangka panjang.

Baca Juga: Kementerian PUPR Siapkan Tiga Desain Rusun untuk Generasi Milenial

Sementara itu, Ketua Umum DPP Himperra Endang Kawidjaja menyatakan, pihaknya termasuk dalam jajaran tiga besar asosiasi pengembang perumahan khususnya bagi MBR

“Berdasarkan data yang kami miliki, kontribusi unit selama tahun 2017 sebesar 245.000 unit rumah MBR. Sedangkan untuk tahun 2018, penyaluran KPR rumah bersubsidi di BTN berjumlah 220.000 unit serta di bank lain sekitar 35.000. Dengan begitu totalnya mencapai 255.000 unit,” papar Endang.

Terkait dengan program rumah bersubsidi, ia menilai trennya terus mengalami peningkatan. Adapun target produksi nasional tahun 2019 yang akan dikembangkan oleh Himperra totalnya mencapai 290.000 unit.

“Kami siap berkoordinasi dengan Kementerian PUPR dalam pelaksanaan program rumah bersubsidi ini,” pungkas Endang.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda