Kementerian PUPR Optimistis Capaian Program Sejuta Rumah Akan Lampaui Target

Total capaian pembangunan rumah untuk MBR sampai saat ini 706.440 unit. Sedangkan pembangunan perumahan non MBR sebanyak 295.877 unit.

Program Sejuta Rumah, Rumah Subsidi, Kementerian PUPR
Rumah sederhana subsidi di Cileungsi. (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) merasa optimistis pembangunan dari Program Sejuta Rumah akan capai target di angka 1,25 juta unit pada akhir tahun ini.

Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Khalawi Abdul Hamid dalam siaran pers yang dilansir Sabtu (18/10/2019), menyatakan hingga Oktober ini pembangunan hunian subsidi yang terdata telah mencapai angka 1.002.317 unit.

“Kami akan terus bekerja keras dalam dua bulan ini untuk mencapai target pembangunan rumah sebanyak 1,25 juta unit hingga akhir tahun ini,” ujarnya.

Baca Juga: Kementerian PUPR Tingkatkan PSU Rumah Subsidi di Batam

Untuk itu, Khalawi mengatakan Kementerian PUPR akan terus menggandeng seluruh stakeholder bidang perumahan untuk bersama-sama mensukseskan Program Sejuta Rumah, guna memenuhi kebutuhan rumah untuk masyarakat berpenghasilan rendah (MBR).

Kementerian mencatat, total capaian pembangunan rumah untuk MBR sampai saat ini telah mencapai 706.440 unit. Sedangkan pembangunan perumahan non MBR sebanyak 295.877 unit.

Pembangunan hunian non MBR tersebut yang berasal dari pengembang sebanyak 292.268 unit dan masyarakat 3.609 unit.

Baca Juga: Pasca-Gempa, Kementerian PUPR Lakukan Bedah Rumah di Ambon

“Kami berharap seluruh pemangku kepentingan, seperti pengembang perumahan, perbankan, sektor swasta, pemerintah daerah, dan masyarakat dapat lebih bersemangat untuk mendorong pembangunan hunian di Indonesia,” kata dia.

Selain dorongan dari para stakeholder, pemerintah ke depan akan melaksanakan program hunian subsidi tersebut dengan berbagai penguatan di berbagai sektor bidang perumahan.

Khalawi menuturkan, pihaknya akan terus mendorong dengan Pembangunan Perumahan Berbasis Komunitas (P2BK). Selain itu, Kementerian PUPR akan menggenjot pembangunan perumahan berskala besar,

Baca Juga: Kementerian PUPR Genjot Capaian Program Bedah Rumah di Daerah

“Kami juga akan mengoptimalkan dari Program Tabungan Perumahan Rakyat (Tapera) dan BP2BT serta koordinasi dengan Kementerian atau Lembaga dan Pemda,” terang Khalawi Abdul Hamid.

Sebagai informasi tambahan, Kementerian PUPR juga masih punya cadangan pembangunan rumah swadaya melalui Program Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) dan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang Perumahan yang ada di berbagai provinsi di Indonesia.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda