Kementerian PUPR Siap Salurkan Bantuan Perumahan Ke Bollang Mongondow Utara

Kementerian PUPR siap memberikan dukungan ke seluruh pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui sektor perumahan.

program perumahan untuk masyarakat di Kabupaten Bollang Mongondow Utara, Kementerian PUPR
(Foto: dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) siap menyalurkan beberapa program perumahan untuk masyarakat di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, Sulawesi Utara.

Program perumahan yang akan disalurkan di Bolaang Mongondow Utara (Bolmut), antara lain penyaluran Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS) serta pembangunan rumah khusus untuk nelayan.

Menurut Direktur Perencanaan Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR, Dwito A Soeranto, pada dasarnya pihaknya siap memberikan dukungan ke seluruh pemerintah daerah untuk meningkatkan kualitas hidup masyarakat di sektor perumahan.

Baca Juga: Pemkab Kepulauan Selayar Minta Kementerian PUPR Bedah 1.000 RTLH

“Kami memberikan bantuan bedah rumah sebagai stimulan. Ini tentunya, menjadi tugas bersama baik pemerintah pusat, pemerintah daerah dan masyarakat,” terang Dwito disela-sela rapat audiensi dengan Bupati Bolmut.

Pria yang akrab disapa Koko tersebut menerangkan, di tahun ini Kementerian PUPR akan mengalokasikan bantuan perumahan ke Pemkab Bolmut berupa bedah rumah, sebanyak 425 unit serta pembangunan rumah khusus untuk masyarakat.

“Kami harap Pemkab Bolaang Mongondow Utara bisa memberikan dukungan administrasi maupun mennyesuaikan lokasi pembangunan dengan RT/RW yang ada,” ucap dia

Baca Juga: Hadapi Era Revolusi Industri 4.0, Ini Strategi Kementerian PUPR di Bidang Perumahan

Selain itu, Dwito mengatakan pembentukan unit pengelola serta kemudahan dalam IMB serta kelengkapan sertifikat tanah juga sangat diperlukan.

Sementara itu, Bupati Bolmut, Depri Pontoh memaparkan di tahun lalu daerahnya menerima bantuan rumah khusus untuk nelayan sebanyak 50 unit dan bantuan bedah rumah dari Kementerian PUPR.

“Pada dasarnya rumah merupakan salah satu kebutuhan pokok yang harus dipenuhi. Maka, dengan adanya bantuan perumahan tersebut sangat dirasakan masyarakat,” katanya.

Baca Juga: Atasi Backlog Perumahan, Kementerian PUPR Siapkan Tiga Program Unggulan

Dalam kesempatan yang sama, Depri Pontoh juga mengusulankan pembangunan Rusunawa untuk para tenaga medis yang bekerja di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bolmut.

Adanya Rusunawa tersebut menurutnya diharapkan dapat menjadi tempat tinggal bagi para tenaga medis serta mempermudah pelayanan kepada masyarakat.

“Kami saat ini sedang membangun RSUD Bolmut. Untuk itu, kami juga mengajukan usulan agar Kementerian PUPR bisa membangun Rusunawa untuk para tenaga medis di daerah tersebut,” pungkas Dwito.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda