Kenali Material Rotan Sintetis Pada Furnitur Sebelum Menggunakannya!

Dengan tampilan berbagai warna, furnitur rotan sintetis cocok digunakan sebagai elemen dekoratif penambah keindahan pada berbagai ruang di rumah.

(Foto: griyanayarotan)

RumahHokie.com (Jakarta) – Rotan sintetis merupakan jenis material yang kerap kali digunakan sebagai bahan pembuatan furnitur. Cenderung mudah dalam hal perawatan, tahan terhadap cuaca serta bobotnya yang lebih ringan, menjadikan produk furnitur yang terbuat dari material tersebut banyak dipilih oleh masyarakat.

Rotan sintetis memiliki karakter yang lentur, sehingga memudahkan material tersebut untuk
dibentuk sesuai desain furnitur yang dibuat. Misalkan saja, dibentuk kursi dan meja dengan
desain bergaya modern.

Baca Juga: Bermaterialkan Kayu Solid, Kursi Ini Mengikuti Lekuk Badan Penggunanya

Apabila dibandingkan dengan rotan alami, jenis material sintetis ini dinilai lebih ramah terhadap lingkungan, karena tak harus menebang pohon rotan dan tidak menghasilkan limbah saat proses pengolahan. Kalaupun ada sisa, bahan bisa di daur ulang di pabrik proses produksinya.

Ada dua jenis bahan yang umum digunakan untuk sebagai material pembentuk rotan sintetis, yaitu polyethilene dan polyvinyl chloride (PVC). Keduanya merupakan bahan plastik.

Sebenarnya membedakan kedua bahan ini cukup sulit, karena tampilannya terlihat serupa. Salah satu cara yang dapat anda lakukan adalah memilih produsen rotan sintetis yang sudah memiliki reputasi yang baik.

Selain itu, karena ongkos produksi rotan berbahan PVC yang relatif lebih murah, membuat harga furnitur rotan sintetis PVC juga lebih murah dibandingkan rotan alami

Penggunaan furnitur material rotan sintetis tak hanya sebatas di interior rumah saja, namun juga dapat pula diletakan pada area outdoor, karena sifatnya dari bahannya yang kuat dan cenderung tahan terhadap paparan berbagai cuaca.

Baca Juga: Deretan Furnitur dan Elemen Dekoratif Interior ‘Nyeleneh’ di Ajang ICAD 2017

Dengan tampilan yang juga dapat dibuat berbagai warna, material rotan sintetis cocok digunakan sebagai elemen dekoratif penambah keindahan pada berbagai ruang di rumah.

Agar bisa menjadi point of interest di dalam ruangan, tambahkan cushions atau bantalan kursi dengan berbagai pilihan motif serta warna. Sesuaikan dengan tampilan interior atau skema warna ruangan secara keseluruhan.

Jika berniat untuk menggunakan furnitur berbahan dasar rotan sintetis, anda perlu memperhatikan setiap sisinya. Periksalah bagian bawah furnitur. Rotan sintetis berkualitas tidak memiliki sambungan, apabila terdapat sambungan berupa stapler itu artinya kualitas dari rotan sintetis tak baik.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda