Kisah Desainer Indonesia Meriahkan Perhelatan Piala Oscar

Desainer interior ini bawa nama Indonesia ke kancah Piala Oscar. Melalui rancangan desain ruang pesta yang mewah, Irma Hardjakusumah berhasil memukau dunia.

Piala Oscar-Irma Hardjakusumah-RumahHokie.com-poskotanews
Rancangan ruang pesta Governors Ball 2016, karya Irma Hardjakusumah di ajang Piala Oscar. (Foto: pinterest)

RumahHokie.com (Amerika Serikat) – Berbagai cerita dan momen menarik selalu terjadi pada perhelatan penghargaan film Amerika, Academy Award atau disebut juga Piala Oscar. Satu diantaranya adalah tentang cerita keterlibatan desainer interior asal Indonesia, Irma Hardjakusumah pada event tahunan tersebut.

Irma Hardjakusumah turut andil dalam rancangan ruang pesta Governor’s Ball Piala Oscar di tahun 2015 dan dipercaya kembali menata ballroom tersebut pada tahun 2016 (Piala Oscar ke-88).

Ruang pesta Governor’s Ball digunakan oleh Academy of Motion Picture of Sciences sebagai penyelenggara Piala Oscar, untuk menyambut para tamu kehormatan dan artis, setelah ajang perfilman bergengsi tersebut berakhir.

Baca Juga : Kerjasama Velospace Buka Peluang Para Desainer Interior untuk Berkarya

Mengutip laman VOA Indonesia, di tahun 2015 desainer wanita lulusan Ilmu Arsitektur Universitas Indonesia itu merancang ruang pesta Ray Dolby Ballroom menjadi layaknya Hollywood tempo dulu, (kurun waktu tahun 1920-an hingga tahun 1940-an).

“Jadi, ruangannya itu ada kesan old Hollywood, old glamor,” ujar Irma Hardjakusumah ketika dijumpai oleh VOA di Los Angeles, California.

Irma Hardjakusumah, desainer Indonesia yang merancang ruang pesta di ajang Piala Oscar tahun 2015 dan tahun 2016. (Foto : poskotanews)

Dalam pengerjaan proyek Governor’s Ball Oscar 2015, Irma dibantu oleh seorang produser
asal California, Cheryl Cecchetto.

Ketika itu, ia juga bekerjasama dengan perpustakaan Margaret Herrick di Beverly Hills, California. Perpustakaan tersebut menyimpan sejarah panjang perkembangan dunia perfilman di Amerika Serikat. Irma mengakui dirinya banyak terinspirasi dari perpustakaan tersebut.

Baca Juga : Cerita Tentang Arsitek Masjid Istiqlal yang Belum Diketahui Publik

Kepercayaan penyelenggara Piala Oscar kepada Irma tak lantas berhenti disitu saja. Setahun kemudian atau tepatnya disaat penyelenggaraan Piala Oscar ke-88, ia kembali dipercaya untuk menggarap desain ruang pesta ajang tersebut.

Irma ditantang untuk menggabungkan seni karikatur ke dalam desain ruangnya. Ide awal ini datang dari ketua penyelenggara pesta Governors Ball, Jeffrey Kurland yang juga adalah anggota dari Academy of Motion Picture of Sciences.

“Dia ingin menghadirkan suasana yang serupa dengan restoran Sardi’s atau Brown Derby (di Hollywood). Di restoran ini banyak karikatur bintang-bintang film, tentang film atau movie culture secara keseluruhan,” papar Irma seperti yang dikutip dari VOA.

Wanita yang juga pernah meneruskan pendidikan di University of California di Los Angeles ini mengungkapkan tantangan yang dihadapinya adalah menyatukan ide yang beragam dari para anggota tim.

“Ada orang-orang yang datangnya itu dari teater, dari costume design. Jeffrey Kurland itu adalah costume designer. Sedangkan produser saya, Cheryl Cecchetto, dulunya adalah seorang aktris dan performer, jadi ide-idenya itu selalu teatrikal,” pungkas Irma

Walaupun pada penyelenggaraan Piala Oscar tahun 2018 ini ia tidak terlibat, tetap saja tidak melunturkan rasa bangga banyak pihak kepada dirinya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda