Kongres Diaspora Indonesia ke-5 Bahas “Cara Ciptakan Kota Layak Huni”

Kongres Diaspora Indonesia ke-5 akan diselenggarakan selama empat hari dengan mengangkat tema “Empowering Indonesia’s Human Capital”.

iwan-sunito-ceo-crown-group-cid-5-by-anto-erawan-rumahhokie-dok-2019
Iwan Sunito, CEO Crown Group (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kongres Diaspora Indonesia ke-5 atau “The Fifth Congress of Indonesian Diaspora” (CID-5) bakal digelar di Jakarta mulai Sabtu, 10 Agustus 2019.

Seperti CID-4 yang dihelat 2017 silam, acara yang akan digelar di The Kasablanka Hall, Kota Kasablanka, Jakarta ini akan menghadirkan tokoh-tokoh Diaspora Indonesia dari berbagai spektrum masyarakat Indonesia, termasuk pejabat pemerintah, perusahaan, pemuka agama, politikus, selebriti, seniman, aktivis, atlet, inovator, akademisi, pemuda, dan lainnya untuk membahas berbagai aspirasi Diaspora Indonesia melalui sesi-sesi paralel yang terbuka gratis untuk publik.

Baca Juga: Seperti Apa Sih Kriteria Rumah Layak Huni Menurut KemenPUPR?

Menurut rencana, CID-5 akan diselenggarakan selama empat hari dengan mengangkat tema “Empowering Indonesia’s Human Capital”.

Kongres ini akan mempertemukan diaspora Indonesia untuk berdiskusi isu dan tantangan pembangunan Sumber Daya Manusia dari berbagai sektor, baik itu dari sisi ekonomi, politik, sosial dan budaya yang dimana tujuan akhir dari konferensi ini akan berfokus pada penguatan peran Diaspora Indonesia dalam peningkatan kualitas SDM.

Baca Juga: Konsep Pemukiman Layak Huni di Kampung Walang Jakarta

Ketua Penyelenggara CID-5, Iwan Sunito, menyambut dengan sangat antusias penyelenggaraan CID-5 di Jakarta. Menurutnya, CID-5 akan menjadi momentum bagi Indonesia untuk lebih menggali potensi-potensi Diaspora Indonesia yang akan membantu pergerakkan pembangunan Sumber Daya Manusia ke depan.

“Inilah waktunya untuk akselerasi Human Capital Indonesia,” ungkap Iwan Sunito yang juga CEO Crown Group—perusahaan pengembang properti yang berbasis di Sydney, Australia—kepada awak media, Senin (1/7/2019).

Angkat Tema ‘Creating Liveable Cities
Pada acara hari pertama, imbuhnya, acara akan diisi dengan beberapa sesi pararel yang akan mendiskusikan berbagai macam isu dari kesehatan, sumber daya manusia, dual citizenship, dan lain-lain.

“Ada satu sesi pararel yang cukup menarik dengan tema ‘Creating Liveable Cities’, di mana saya akan berbicara tentang urgensi pembangunan kota masa depan. Dalam sesi ini Gubernur Provinsi Jawa Barat, Ridwan Kamil, rencananya juga akan didaulat sebagai salah satu pembicaranya,” papar Iwan.

Baca Juga: Ini Penampakan Proyek Crown Group di Ancol, Raja Ampat Jadi Inspirasi

Dia menuturkan, pihak penyelenggara juga mengajak para pengembang besar dalam negeri untuk turut berperan serta dalam acara ini untuk menampilkan mahakarya mereka.

“Sehingga ini bukan lagi saatnya orang asing berkata: ‘can we teach you?’ tapi lebih kepada ‘can you teach us?’” kata Iwan.

Dia berharap konferensi ini akan selalu menjadi pertemuan terbesar bagi Diaspora Indonesia berkumpul di Tanah Air dengan target sebanyak 5.000 peserta dari dalam maupun luar negeri.

“(Lewat acara ini) kita tunjukkan kepada dunia kemampuan bangsa Indonesia sesungguhnya,” pungkas Iwan.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda