Konsultan Real Estat: Desain Kantor Sehat Pengaruhi Produktivitas Pegawai

Penelitian Colliers International menunjukkan bahwa faktor desain gedung kantor yang baik, dapat mendorong kesehatan penghuni dan produktivitas karyawan.

Desain kantor Sehat di Hong Kong, Colliers International,
Ilustrasi kantor di Hong Kong. (Foto: finchanel)

RumahHokie.com (Hong Kong) – Konsultan real estat global, Colliers International mengumumkan hasil penelitannya mengenai korelasi antara properti, kesehatan penghuni bangunan dan pengingkatan produktivitas para pekerja di kantor.

Melalui laporan bertajuk ‘Wellness 2.0’, kondisi properti, dalam hal ini desain gedung kantor, mampu memberikan pengharuh yang signifikan terhadap kesehatan dan produktivitas pegawai.

Sam Harvey Jones, Managing Director Occupier Services Colliers Asia berkomentar,
Di seluruh kawasan Asia, kesehatan semakin dianggap sebagai komponen kunci dari pengalaman karyawan.

Baca Juga: Colliers International: Gedung Perkantoran ‘Sehat’ Akan Semakin Dilirik

“Ketika konsep kesejahteraan meningkat, perusahaan mulai mengukur dan melaporkan keterkaitan antara kesehatan dan kinerja keuangan serta rancangan dari gedung perkantoran,” ungkap Harvey seperti dilansir dari siaran pers, Jum’at (15/03/2019)/

Penelitian yang dilakukan Colliers International, menunjukkan bahwa faktor desain, seperti kualitas udara, hadirnya cahaya alami, dan ruang rekreasi juga menjadi pendorong utama bagi keputusan relokasi perkantoran di pasar. Contohnya saja yang terjadi pada berbagai gedung perkantoran di Hong Kong.

“Kami melihat bahwa pemilik gedung, semakin mengadopsi teknologi bangunan baru dan fitur desain ramah lingkungan. Misalnya saja, aplikasi jendela ganda dan kaca eksterior yang memungkinkan cahaya alami, yang telah terbukti meningkatkan kesehatan karyawan sambil menurunkan biaya energi,” kata Harvey.

Baca Juga: Prospek pasar properti Asia Tahun 2019 Dinilai Tetap Memiliki

Pada kesempatan yang sama, Victoria Gilbert, Associate Director Wellness Consulting Colliers International, menambahkan saat ini sebanyak 75% generasi milenial tertarik terhadap desain bangunan yang memperhatikan kesehatan jasmani di tempat kerja.

“Tidak mengherankan jika industri kesehatan global kini tumbuh 12,8%. Dari USD3,7 triliun pada tahun 2015, menjadi USD4,2 triliun pada 2017,” ujar Gilbert.

Baca Juga: Pengembang Properti dan Investor Berhati-hati Hadapi Ekonomi Asia

Dia mengatakan, untuk mewujudkan desain gedung kantor yang sehat bagi para karyawannya, tidak terbatas pada satu bidang sektor saja.

“Pembentukan komite lintas fungsi yang mencakup manajemen fasilitas, real estat komersial, sumber daya manusia dan IT, harus bersama-sama mendukung dan mewujudkan upaya gedung perkantoran yang memberikan dampak sehat bagi penghuninya,” pungkas Gilbert.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda