Kuartal I 2017, Aktivitas Investasi di Amerika Mengalami Perlambatan

Aktivitas investasi mulai mengalami perlambatan sejak tahun 2016. Sebagian besar perusahaan yang menarik kembali investasinya.

Foto: happykeys.com

RumahHokie.com (Amerika) – Sepanjang kuartal I tahun 2017, arus investasi di negara Paman Sam tercatat kurang bergairah. Aktivitas penjualan investasi di Amerika mengalami penurunan, arus investasinya merosot hingga 23%.

Menurut data analisa yang dilansir Real Capital Analytics, tren penurunan tersebut diprediksi masih terasa selama seminggu ke depan.

“Selama dua kuartal berturut-turut, penjualan properti komersial mengalami penurunan hingga tingkat dua digit,” ungkap Jim Costello, Senior Vice President Real Capital Analytics.

Baca juga: Beli Properti di Amerika Serikat, Bayar Satu Bisa Dapat Dua!

Dari paparan analisanya mengatakan, aktivitas penjualan investasi mulai mengalami perlambatan sejak tahun 2016. Indikasi tersebut disinyalir oleh sebagian besar investor yang menarik kembali investasinya.

“Faktor lain yang membuat arus investasi di Amerika merosot juga disebabkan oleh transaksi kesepakatan tingkat entitas yang memicu kenaikan laju pertumbuhan yang tajam pada tahun 2015,” tegas Costello.

Meski pada tahun 2016 secara keseluruhan, penjualan aset tunggal sempat membukukan kenaikan positif. Namun kenyataannya, penjualan aset tunggal kini justru melambat hingga tercatat dua digit.

Analisanya juga memaparkan bahwa, indeks aktivitas saham mengalami penurunan di semua sektor properti hingga bulan Maret tahun ini, kondisinya pun masih terlihat kurang bergairah.

Walau begitu Costello optimis, aktivitas iklim investasi di Amerika masih memiliki titik terang. iklim tersebut diharapkan hanya bersifat sementara dan akan kembali pulih.

Investasi Apartemen Masih Menarik
Bahkan menurutnya, volume investasi untuk perkantoran, industri, hotel dan bahkan ritel sempat mengalami kenaikan pada bulan Maret dari tahun-tahun sebelumnya.

“Sektor utama yang menghadapi tantangan baik sepanjang kuartal I tahun ini adalah sektor apartemen,” papar Costello.

Meski demikian, volume penawaran di sektor apartemen kembali merosot. Secara tradisional, sektor perkantoran adalah sektor properti unggulan untuk volume transaksi.

Selama lima kuartal terakhir, arus investasi terkuat tercatat di sektor apartemen. Nilainya telah mendorong tingkat aktivitas kesepakatan investasi di sektor perkantoran.

Sebaliknya, tingkat penurunan dari tahun ke tahun, investor untuk segmentasi ini tercatat lebih dari dua kali lipat dari sektor perkantoran.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda