Kurangi Kelembapan Ruangan yang Terlalu Tinggi dengan Tips Berikut Ini

Kelembapan udara yang terlalu tinggi di dalam ruangan, dapat memengaruhi kesehatan para penghuni rumah maupun interior bangunan.

Tips Menjaga Kelembapan Ruang di Rumah
Ilustrasi rumah. (Foto: Pinterest)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebagai negara beriklim tropis, wilayah Indonesia memiliki tingkat kelembapan yang tergolong tinggi. Hal itu tentunya berdampak pada kondisi kesehatan rumah atau unit apartemen.

Secara langsung, tingkat kelembapan yang terlalu tinggi di dalam ruangan dapat memengaruhi kesehatan para penghuni rumah maupun interior bangunan.

Jika tidak dilakukan pembenahan, ruang yang terlalu lembap akan merusak cat pada permukaan dinding dan plafon rumah.

Bagian-bagian tersebut rentan ditumbuhi oleh bakteri dan jamur, yang akan menimbulkan berbagai penyakit, seperti gatal-gatal, gangguan pernafasan, flu dan sebagainya.

Baca Juga: Mau Punya Rumah Sehat, Perhatikan Sembilan Hal Ini!

Demi kesehatan para anggota keluarga, ada banyak tips yang bisa dilakukan oleh Hokie People untuk menjaga kelembapan ruangan. Berikut ini beberapa tips dan trik agar ruangan-ruangan di hunian Anda tidak terlalu lembap.

Buka jendela untuk sirkulasi
Penyebab ruangan menjadi sangat lembap adalah karena sirkulasi udara dan sinar matahari yang masuk ke ruangan terhambat. Sebagai solusinya, bukalah jendela di ruangan setiap pagi atau sore hari, sehingga udara segar dan sinar matahari bisa masuk kedalam ruangan.

Apabila terdapat ruangan di rumah yang tidak mempunyai jendela, Hokie People dapat menggunakan exhaust fan, untuk membantu memperlancar sirkulasi udara dan menghindari
kelembapan yang tak diinginkan.

Pilih cat dinding anti jamur
Selain berdampak pada kesehatan penghuni, tingkat kelembapan udara yang tinggi dapat memicu dinding ruangan ditumbuhi jamur.

Baca Juga: Trik Menjaga Suhu Rumah Tetap Sejuk Saat Cuaca Panas

Agar terhindar dari permasalahan tersebut, lapisi semua permukaan dinding interior maup eksterior di rumah menggunakan cat dinding anti jamur.

Kini telah banyak tersedia cat tembok anti jamur yang dijual di pasaran dengan berbagai macam pilihan warna maupu teksturnya.

Manfaatkan silica gel
Sebagai alternatif solusi, Hokie People juga dapat menggunakan silica gel lho, untuk mengurangi kelembapan di dalam ruangan. Gel penyerap ini cukup dibuka segelnya kemudian ditempatkan pada sudut ruangan, misalnya di salah satu sisi ruang keluarga.

Baca Juga: Bebaskan Kamar Mandi dari Kelembapan, Begini Caranya

Seiring berjalannya waktu, nantinya silica gel akan menyerap udara lembap di ruangan. Rutinlah untuk melihat kondisi gel penyerap ini dan segera ganti apabila isinya sudah terlihat menipis.

Hindari meletakkan barang terlalu banyak di ruangan
Kebiasaan meletakkan dan menumpuk barang di ruangan, ternyata bisa memicu kelembapan di dalam rumah lho. Hal itu disebabkan sirkulasi udara menjadi tidak bisa berputar dengan baik. Suhu udara di dalam ruangan pun akan menjadi tinggi.

Oleh karena itu, hindari meletakkan atau menumpuk banyak barang dalam satu ruangan. Pilihlah furnitur multifungsi untuk mengurangi perabotan di rumah.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda