Lebih Fresh Saat Lebaran, Bersihkan Furnitur Dengan Cara Ini

Untuk bisa menjaga kondisi furnitur, Anda wajib mengetahui kondisi ruang serta tempat perletakkannya. Sesekali untuk bisa memeriksa secara detail fisiknya.

Membersihkan furnitur dari noda atau kotoran yang lengket, Anda bisa menggunakan lap lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat untuk menyeka kotoran dan noda.

RumahHokie.com (Jakarta) – Ada kiasan kata mengatakan, kebersihan sebagian dari iman. Hal yang sering terdengar dan bahkan mungkin sering diucapkan. Karenanya, menjelang Lebaran, kiasan tersebut sangatlah tepat untuk diterapkan.

Bersih tak hanya berpatokan pada hatinya, pakaiannya, tapi juga lingkungannya. Untuk menciptakan bersih lingkungan bisa diterapkan dari lingkup terkecil yaitu keluarga.

Baca juga: Adopsi Cermin Dekorasi, Kamar Tidur Jadi Tampil Elegan

Mendekati waktu Lebaran, membersihkan rumah telah menjadi tradisi yang wajib dilakukan. Langkah mudah yang harus dikerjakan agar hunian tampak rapih dan terlihat lebih tertata apik adalah membersihkan bagian dalamnya.

Pertama, Anda bisa bersihkan furnitur yang sekiranya sudah terlihat kusam dan membutuhkan perawatan. Jika furnitur terbuat dari kayu, Anda tentu wajib mengerti cara merawatnya dengan benar.

Tips merawatnya tidaklah berbeda dengan cara merawat dan membersihkan lantai kayu. Namun, bahan kayu cukup sensitif terhadap suhu baik panas maupun dingin.

Suhu panas akibat sinar matahari dapat membuat furnitur kayu menjadi kering dan bisa menimbulkan warnanya pudar. Karena panas, kayu bisa melengkung retak atau pecah. Terkena sinar metahari berlebih juga dapat membuat furnitur kayu jadi kusam.

Cermati Kondisi Ruang
Begitu pula jika pada suhu ruangan rendah (dingin). Kurangnya cahaya dan kelembapan bisa menyebabkan kayu jadi berjamur, rentan terhadap serangan rayap, dan serangga kayu untuk berkembang biak.

Untuk bisa menjaga kondisi furnitur kayu, Anda wajib mengetahui kondisi ruang serta tempat perletakkan furnitur tersebut. Sesekali untuk bisa memeriksa secara detail fisik furnitur tersebut.

Kayu juga rentan terhadap debu dan kotoran. Jika dibiarkan, debu yang menempel dapat menyebabkan kayu jadi kusam dan lapuk. Untuk membersihkannya, Anda bisa menggunakan vacuum cleaner.

Supaya furnitur kayu terlihat lebih bersih dan kembali mengkilap. Anda dapat membersihkannya menggunakan lap berbahan lembut yang sudah diberikan cairan khusus pembersih kayu. Pilih cairan khusus pembersih yang memiliki kualitas baik.

Agar kondisi furnitur tetap terjaga, sebaiknya furnitur kayu bisa dilapisi vernis.Tujuannya untuk melindungi furnitur dari penyerapan air. Jika tidak, furnitur kayu akan mudah lapuk, keropos, dan rusak.

Jika terkena tumpanan air atau minuman, usahakan segera mengeringkannya dengan lap untuk mencegah cairan meresap pada kayu.

Langkah lain membersihkan furnitur kayu yang tidak divernis, Anda dapat merawatnya menggunakan air hangat yang telah dicampur dengan sabun berformula lembut.

Caranya, celupkan lap lembut, lalu peras lap hingga kesat, dan membersihkan dengan cepat. Tips ini merupakan langkah cermat untuk mencegah air terserap ke dalam pori-pori kayu.

Untuk membersihkan furnitur dari noda atau kotoran yang lengket, Anda bisa menggunakan lap lembut yang sudah dibasahi dengan air hangat untuk menyeka kotoran dan noda. Gunakan lap baru yang kering dan berbahan lembut untuk menggosok kotoran yang melekat. Sehingga, noda benar-benar hilang.

Cara merawat furnitur kayu yang mempunyai ukiran, Anda bisa membersihkan sela-sela ukiran dan sudut-sudut furnitur tersebut menggunakan kuas halus berukuran kecil.

Dengan cara ini, debu, kotoran, maupun jamur yang bersarang bisa dengan mudah terangkat sempurna. Untuk membersihkan daerah yang sulit dijangkau, bisa membersihkannya menggunakan kain lap biasa.

Melalui proses perawatan dengan benar, furnitur kayu yang Anda miliki akan tetap terjaga. Dengan demikian, tampilan furnitur saat Lebaran akan terlihat bersih dan tampak lebih fresh.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda