Leverage Property: Begini Cara Dongkrak Keuntungan Investasi Anda

Leverage (daya ungkit) di dunia properti merupakan strategi membeli dengan uang minim. Jadi, leveraging tidak untuk cash player!

Foto: Dok. RumahHokie.com

RumahHokie.com – “Jika aku mendapatkan galah (lever) yang amat panjang dengan penumpu (fulcrum) yang tepat, maka bola dunia akan kupindahkan.” Ini bukan ungkapan Naga Bonar, tapi Archimedes.

Leverage (daya ungkit) di dunia properti merupakan strategi membeli dengan uang minim. Jika Anda punya Rp100 juta, belilah properti seharga Rp1 miliar. Jadi, leveraging sejatinya tidak untuk cash player.

Dengan Rp100 juta menjadi DP, maka sisa utang Anda Rp900 juta bisa dibayar melalui KPR dengan nilai angsuran yang terjangkau. Dengan suku bunga 8,5% dan tenor 20 tahun, angsuran Anda per bulan Rp7.810.410.

Baca Juga: Ini Dia, Tiga Penyebab Properti Bisa Bikin Kaya Raya!

Kalau jeli, masih ada kok yang bisa dapat sewa Rp8 juta per bulan. Pastinya bukan properti landed, tapi high rise dengan jumlah unit yang tidak banyak (misalnya cuma dua tower dengan total 800 – 1.000 unit).

Kalau jomplang antara angsuran dengan hasil sewa, jangan maksa beli. Karena azas leveraging itu bukan hanya dari DP, tapi juga kemampuan mengangsur.

Rahasianya, kalau beli properti primary? Semakin cepat unit ready, semakin bagus, agar langsung bisa disewakan atau dijadikan tempat usaha.

Beberapa konsideran leverage/daya ungkit yang harus memampukan Anda menopang current liabilities terletak pada taktik angsuran dan DP yang bisa dicicil panjang.

Pada setiap cicilan panjang, pasti jumlah mengecil. Model ballon dengan cara ini hanya terjadi pada pasar yang lemah (weak market).

Baca Juga: Mau Sukses Berinvestasi, Pahami Empat Siklus Properti

Pokoknya gini deh: sempurnanya leveraging terjadi pada pasar yang lemah. Anda pasti mikirnya terbalik. Karena setiap yang lemah pasti tidak sempurna.

Lho, ini bukan soal syahwat, Pak! Ini properti dan tidak bisa diolesi minyak bulus. Itulah akibatnya kalau nafsu main properti tapi digabung dengan nafsu main mata. Awas jangan kebalik. Kalo mau jago properti, jangan pergi ke Mak Erot!

Bersama F. Rach Suherman F. Rach Suherman
Mentor investasi properti nasional ini sebelumnya menjabat CEO di tiga perusahaan properti yang berbasis di Indonesia. Saat ini Suherman juga menjadi dosen dan aktif memberi seminar, pelatihan, dan konsultansi untuk perencanaan dan pemasaran properti.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda