Lima Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Indah dan Unik

Tidak sekedar sebagai tempat ibadah umat muslim, karena keindahan arsitekturnya, sejumlah bangunan masjid di Indonesia juga menjadi landmark bagi sebuah kota.

Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Indah, Ramadan, Al Irsyad
(Foto: dok. Kota Baru Parahyangan)

RumahHokie.com (Jakarta) – Bangunan masjid di Indonesia kini hadir dengan gaya arsitektur yang lebih variatif dan memiliki tampilan indah, seiring dengan berkembangnya tren desain di negeri ini.

Tidak sekedar sebagai tempat ibadah umat muslim, karena keindahan arsitektur-nya, sejumlah bangunan masjid di Indonesia juga menjadi landmark bagi kota atau daerah dimana masjid tersebut berada.

Dalam rangka menyemarakkan bulan Ramadan, berikut ini RumahHokie pilihkan lima masjid di Indonesia dengan tampilan arsitektur yang indah.

1. Masjid Al-Irsyad

Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Indah, Ramadan, Al Irsyad
(Foto: Istimewa)

Berada di kompleks Kota Baru Parahyangan, Masjid Al-Irsyad memiliki bentuk bangunan kubus bergaya minimalis modern. Meski terlihat sederhana, akan tetapi rancangan masjid ini penuh dengan nilai filosofis yang tinggi.

Baca Juga: Cerita Tentang Arsitek Masjid Istiqlal yang Belum Diketahui Publik

Apabila diperhatikan, bagian dindingnya terdapat tulisan “Lailahailallah”. Sedangkan, area Lanskap-nya berbentuk garis-garis melingkar disekeliling masjid, yang merepresentasikan konsep tawaf mengelilingi ka’bah.

Masjid hasil karya rancangan Ridwan Kamil, ketika masih berada di biro arsitek Urbane ini, menuai banyak penghargaan.

Di awal tahun 2019, bangunan ini masuk nominasi Abdullatif Al Fozan Award. Sebuah ajang penghargaan yang diberikan kepada desain dan karya di negara-negara dengan penduduk muslim.

2. Masjid Raya Sumatera Barat

Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Indah, Ramadan, Masjid Sumatera Barat di Padang
(Foto: distragustinanda – Sumbar travel)

Masjid Raya Sumatera Barat yang terletak di Kota Padang ini merupakan proyek yang baru saja dibuka untuk publik.

Baca Juga: Truk Ini Dirancang Bisa Bertransformasi Menjadi Masjid Portable

Dirancang oleh arsitek Rizal Muslimin, arsitektur Masjid Raya Sumatra Barat ini tidak memiliki kubah seperti masjid pada umumnya. Sang arsitek, menggunakan atap lengkung sebagai interpretasi kontemporer dari arsitektur Minang.

Melansir dari Wikipedia, pembangunan masjid yang dapat menampung hingga 6.000 jamaah ini menelan biaya total sekitar Rp325 miliar, yang diambil dari dana APBD Sumatera Barat.

3. Masjid An-Nurumi

Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Indah, Ramadan, Masjid An-Nurumi
(Foto: okezone)

Arsitektur Masjid An-Nurumi yang berada di Yogyakarta ini tak kalah unik-nya. Bangunan masjid ini tampak mencolok dengan ciri khas kubahnya yang berwarna-warni. Mengadopsi rancangan bergaya arsitektur Rusia, Masjid An-Nurumi juga dikenal dengan nama Masjid Kremlin.

4. Masjid Al-Safar

Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Indah, Ramadan, Masjid An-Safar
(Foto: Jasa Marga)

Jika dilihat sekilas, mungkin banyak orang tidak mengira bahwa bangunan ini merupakan sebuah masjid. Dengan bentuk arsitektur yang futuristik, Masjid Al Safar yang terletak di Rest Area KM 88 B Tol Purbaleunyi ini dapat menampung 1.200 jamaah.

Baca Juga: Signify Aplikasikan Teknologi Pencahayaan Baru di Masjid Raya Padang

Dikutip dari Jasa Marga, masjid ini menggunakan konsep asimetris dengan gaya arsitektur dekonstruksi. Bagian eksterior Masjid Al Safar tersusun dari tile segi empat dengan material ACP warna abu-abu.

5. Masjid Ramlie Musofa

Masjid di Indonesia dengan Arsitektur Indah, Ramadan, Masjid Ramlie Musofa
(Foto: Instagram @deddyutama)

Terakhir, yang tidak kalah bagusnya adalah arsitektur Masjid Ramlie Musofa di Sunter, Jakarta Utara. Masjid ini didirikan oleh Haji Ramlie yang merupakan seorang mualaf keturunan China.

Berdiri di lahan seluas 2.000 meter, bangunan Masjid Ramlie didominasi oleh warna putih, dengan bentuk arsitektur mengadopsi gaya bangunan Taj Mahal di India.

Uniknya, pada sisi dinding di area tangga depan, terdapat kaligrafi Surat Al-Fatihah beserta artinya yang dituliskan dalam bahasa Indonesia dan bahasa China.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda