Lima Tips Ampuh Usir Cicak Merayap di Dalam Rumah

Cicak yang merayap di dinding rumah dianggap hama, karena sering kali mengeluarkan kotoran dan bisa saja jatuh di atas makanan ataupun mengotori perabot interior hunian.

tips mengusir cicak di rumah, cara mengusir cicak di dalam rumah
Ilustrasi cicak di dinding rumah. (Foto: Naviri.org)

RumahHokie.com (Jakarta) – Kehadiran cicak yang merayap di dinding rumah atau ceiling ruangan dianggap sebagian orang bisa mengganggu.

Hewan reptil yang biasa merayap di dinding rumah itu dianggap hama, karena sering kali mengeluarkan kotoran yang bisa saja jatuh di atas makanan ataupun mengotori perabot interior hunian.

Meskipun dapat mengurangi populasi nyamuk yang beredar di rumah, namun tidak sedikit orang akan memilih untuk mengusir cicak bila berada di hunian mereka.

Baca Juga: Beberapa Bahan Alami Ini Sanggup Membasmi Tikus di Rumah

Nah, Hokie People tidak perlu bingung bagaimana cara mengusir cicak di dalam rumah. Berikut ini lima tips mengusir cicak di dalam rumah seperti dilansir dari laman Dekoruma.

Gunakan aroma tembakau
Hewan cicak sangat tidak menyukai aroma tembakau. Oleh karenanya, Anda dapat menggunakan tembakau untuk mengusir cicak yang masuk ke dalam rumah.

Caranya, tempatkanlah sejumput tembakau dalam wadah plastik. Lalu, letakkan tembakau tersebut di beberapa sudut hunian yang biasa dilewati cicak.

Baca Juga: Selain Garam, Cairan Ramah Lingkungan Ini Ampuh Basmi Rayap

Manfaatkan jasa pengendalian hama
Apabila keberadaan cicak di rumah sudah dianggap banyak dan sangat mengganggu serta sulit dibasmi, Anda bisa memanfaatkan jasa pengendalian hama.

Rajin membersihkan rumah
Cicak kerap menampakkan diri di bagian hunian yang kotor. Binatang itu juga suka bersembunyi di antara celah-celah kecil dan kolong meja yang kotor.

Nah, tips mengusir cicak di rumah selanjutnya adalah dengan membersihkan interior rumah
Dengan begitu, area tersebut tidak dihinggapi nyamuk dan tidak menjadi area untuk cicak.
bersembunyi.

Pelihara kucing
Kucing sangat senang dengan hewan kecil yang bergerak lincah, seperti cicak. Bagi Anda yang menyukai kucing, tak ada salahnya untuk memeliharanya untuk mengusir cicak di rumah.

Baca Juga: Ingin Rumah Aman dari Serangan Semut, Begini Cara Mencegahnya

Hadirnya kucing dianggap bisa secara ampuh untuk atasi jumlah populasi cicak yang menganggu di dalam rumah.

Cegah dengan menutup ventilasi
Untuk mencegah cicak masuk dan merayap di dalam ruangan, tutuplah ventilasi rumah dengan memasang kawat nyamuk.

Selain itu, Anda juga dapat memasang alat perekat, seperti double tape pada celah di pintu. Dengan cara tersebut cicak tidak akan mudah untuk masuk ke dalam hunian.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda