Lima Tips Memilih Kloset Duduk Sesuai Kebutuhan

Kloset duduk yang berasal dari Eropa kini banyak diminati lantaran bentuk dan desainnya semakin beragam. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan.

Kloset duduk (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Untuk sebuah rumah sehat, kloset merupakan hal penting dan menjadi syarat mutlak. Ada dua jenis kloset, yakni kloset jongkok dan kloset duduk. Kedua jenis kloset ini memiliki kelebihan dan kekurangan, namun biasanya dipilih sesuai kebiasaan pengguna.

Kloset duduk yang berasal dari Eropa kini banyak diminati lantaran bentuk dan desainnya semakin beragam. Di sisi teknologi, fitur-fitur seperti jet washer (semburan yang sangat kuat) dan eco washer (untuk menghemat air) semakin menambah pilihan bagi pengguna.

Baca Juga: Menentukan Posisi Toilet Terbaik di Rumah Menurut Feng Shui

Dinukil dari laman homedepot.com, berikut beberapa tips memilih kloset duduk sesuai kebutuhan:

Daya Sembur
Pilih daya sembur air yang sesuai. Veritec, Inc. membagi daya sembur kloset dengan skala 100 – 1.000 atau 1 – 10. Namun, kini banyak kloset yang memiliki beberapa pilihan daya sembur—umumnya dual flush—yang  bertujuan untuk menghemat air.

Bentuk Dudukan Kloset
Ada dua jenis bentuk dudukan kloset, yakni berbentuk oval (elips) dan bundar. Bentuk oval lebih nyaman untuk duduk, sementara bentuk lingkaran banyak dipilih untuk ruangan toilet yang sempit.

Baca Juga: Tips Merancang Kamar Mandi Ramah Lingkungan

Tinggi Dudukan Kloset
Ada dua jenis ketinggian kloset, yakni ukuran 14 – 15 inci dan 16 – 17 inci. Ukuran 14 – 15 inci merupakan ukuran standar dan masih banyak dipakai, namun ukuran 16 – 17 inci mulai populer, terutama bagi mereka yang bertubuh tinggi.

Penutup Kloset
Pilih penutup kloset dengan motif unik yang disesuaikan dengan desain toilet atau kamar mandi. Anda juga bisa menambahkan beberapa aksesori di atas tangki air atau mengganti penutup tangki senada dengan penutup kloset.

Baca Juga: Hilangkan Bau Tak Sedap di Kamar Mandi Dengan Bahan Alami

Saat ini juga banyak dipasarkan penutup dudukan kloset dan tangki dengan ragam hias yang bervariasi. Tentunya hal ini bisa menjadi nilai plus untuk mempercantik toilet atau kamar mandi Anda, selain menciptakan suasana ruangan yang lebih nyaman.

Fitur Lain
Beberapa varian kloset terbaru telah dilengkapi dengan bidet nozzle, yakni pancuran pembersih genital dan anus pasca-buang hajat. Fitur ini sangat penting bagi Anda yang ingin kepraktisan atau tak terbiasa bersih-bersih menggunakan kertas tisu.

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda