Limbah Denim Ini Mampu Jadi Furnitur Marmer yang Cantik, Lho!

Material Bahia Denim rancangan Sophie Rowley dapat digunakan untuk berbagai aplikasi produk furnitur, seperti meja dan rak penyimpanan hingga panel dinding.

Furnitur Marmer dari Denim
(Foto: Sophie Rowley - Inhabitat)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sophie Rowley, seorang desainer produk berkebangsaan Selandia Baru, telah menemukan cara untuk mengubah material denim menjadi bahan pembuat furnitur marmer yang unik.

Produk furnitur yang diberi nama Bahia Denim ini menggunakan potongan limbah bahan denim yang berasal dari industri fesyen. Rowley merancangnya sedemikian rupa, sehingga berhasil menjadi sebuah furnitur yang menarik secara visual, selaiknya terbuat dari marmer.

Dilansir dari Inhabitat, dia mengatakan bidang fesyen meninggalkan limbah lingkungan yang begitu banyak pada proses pembuatannya. Contohnya pada saat pewarnaannya yang menggunakan bahan kimia dan air yang banyak.

Baca Juga: Cara Mudah Merawat Lantai Marmer, Ikut Langkah Ini

Furnitur Marmer dari Denim
(Foto: Sophie Rowley – Inhabitat)

Furnitur ini tidak hanya dibuat dengan mengambil sisa denim dari pabrik pembuatannya demi mengurangi aliran limbah, akan tetapi juga (diciptakan) fungsional dan menarik secara visual,” ujar Rowley.

Ide rancangan furnitur karya wanita lulusan Central Saint Martins of Arts and Design London itu didasari keinginannya untuk menggunakan kembali berbagai material rumah tangga dan berfokus pada keberlanjutan serta pengembangan materi yang inovatif.

Baca Juga: Tips Membeli Furnitur Bekas yang Perlu Anda Ketahui

Rowley bereksperimen dengan menggabungkan sisa bahan denim biru pembuat jeans dengan material standar seperti potongan gelas dan plastik.

Dia menemukan cara untuk melapisi semua bahan tersebut, lalu mengikat lapisan-lapisan itu dengan resin. Setelah kering, bahan padat diukir, yang kemudian dibentuk menjadi furnitur marmer.

“Setiap bagian adalah hasil unik dari eksplorasi bahan dan proses yang digunakan untuk membuat Bahia Denim. Baik dari sisi ukuran, bentuk maupun ketebalannya bervariasi,” kata Rowley.

Baca Juga: Keren! Ada Material Bangunan Masa Depan yang Terbuat dari Jamur

Menurut dia, dengan penggunaan bahan denim akan membuat furnitur tahan lama. Lebih lanjut, ia berujar material Bahia Denim dapat digunakan dalam berbagai aplikasi produk furnitur, seperti meja dan rak penyimpanan hingga panel dinding. Bahkan, pabrikan mobil Nissan bahkan menyarankannya sebagai bahan masa depan untuk dashboard interior.

Berkat inovasi furnitur dari bahan denim, Sophie Rowley telah menerima penghargaan Best New Surface Award 2015; Penghargaan AFRI cola / Michalski 2009 – Finalis; dan Createurope Award – Finalis.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda