Maria dan Elizabeth Rahajeng: Kiat Membeli Rumah untuk Generasi Milenial

selain uang muka, kesulitan lain yang mereka hadapi sebagai pembeli rumah pertama adalah tidak tahu bagaimana cara membeli rumah dengan KPR (kredit pemilikan rumah) dan tidak tahu bagaimana memulainya.

maria-elizabeth-rahajeng-model-miss-indonesia-anto-erawan-rumahhokie-dok
Elizabeth dan Maria Rahajeng (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Gaya hidup generasi milenial yang konsumtif—hobi belanja dan traveling—membuat mereka kesulitan berinvestasi, terutama properti yang merupakan investasi padat modal (high capital investment).

Di mata Miss Indonesia 2014, Maria Rahajeng, generasi milenial memang sangat konsumtif. Bahkan, untuk membeli secangkir kopi saja bisa mencapai Rp50 ribu. Dengan gaya hidup yang boros seperti itu, tentu sulit—bahkan tak terpikirkan—untuk membeli rumah.

Baca Juga: Cara Cerdas Beli Apartemen Ala Ayu Gani, Pemenang Asia’s Next Top Model

Bila ingin membeli rumah pun ada masalah baru, imbuh Maria, yaitu membayar DP (uang muka) yang terbilang besar. Untuk itu, dia mengatakan generasi milenial sebaiknya mulai rajin menabung dan jangan boros.

Mindset dari keluarga kami untuk selalu menabung sangat berguna, sehingga kami hanya mengeluarkan uang untuk hal-hal yang bemanfaat. pilihannya: masa depan atau gaya hidup? Jadi, pada akhirnya bukan berapa penghasilan yang dihasilkan, tetapi berapa yang bisa ditabung,” jelas Maria di sela Grand Launching Apartemen The Parc beberapa waktu lalu.

Baca Juga: Jadi Investor Properti, Taylor Swift Miliki Kekayaan Rp1,2 Triliun

Sementara itu, Elizabeth Rahajeng—saudara kembar Maria—menuturkan, selain uang muka, kesulitan lain yang mereka hadapi sebagai pembeli rumah pertama adalah tidak tahu bagaimana cara membeli rumah dengan KPR (kredit pemilikan rumah) dan tidak tahu bagaimana memulainya.

“Intinya memang harus menabung. Uang yang sedikit (dikumpulkan) lama-lama jadi banyak. Tak hanya itu, kita juga perlu bergaul dengan orang yang menghargai uang, bukan orang yang boros. Jadi, memang basic dari investasi adalah money management,” kata Eliz—demikian Elizabeth akrab disapa.

Tentang Rumah Pertama 
Kembar kelahiran 3 Agustus 1991 ini mengaku baru membeli rumah pertama mereka di kawasan Alam Sutera. Menurut Eliz, rumah ini merupakan hasil pencarian selama satu setengah tahun.

“Kami sudah mencari rumah di beberapa daerah, tetapi akhirnya memilih di Alam Sutera. Lokasi, desain, dan fasilitas sekitar menjadi faktor mengapa kami memilih rumah tersebut,” kata dara yang berprofesi sebagai fashion stylist dan blogger ini.

Baca Juga: Paula Verhoeven: Tentang Banjir Kelapa Gading dan BSD City

Maria mengaku, awalnya mereka sempat melihat dan membandingkan hunian di Jakarta, namun harganya dirasa terlalu mahal.

“Mungkin (harga) satu rumah di alam sutera cuma dapat membeli satu apartemen kecil di Jakarta. Jadi kami bandingkan juga space yang bisa didapat,” katanya.

Baca Juga: Keluar dari Zona Nyaman, Citra Scholastika Pilih Geluti Bisnis Properti

Sebagaimana penghuni baru, kedua gadis yang menjadi host pertama asal Indonesia untuk TV E! News Asia ini pun mendesain rumah seluas 160 meter persegi tersebut dengan gaya modern minimalis yang simpel dalam balutan warna putih dan warna-warna cerah.

Setelah memiliki rumah pertama ini, keduanya sepakat berkeinginan untuk memiliki properti lagi. Properti yang diinginkan adalah hunian vertikal seperti apartemen yang dapat disewakan

Anto Erawan
anto.erawan@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda