Material Semen Ekspos Buat Tampilan Rumah Terkesan ‘Jaman Now’

Dengan mengaplikasikan material unfinished semen ekspos pada dinding, membuat ruangan menjadi terkesan 'jujur' dan maskulin.

Dinding dengan finishing semen ekspos akan terlihat indah jika menggunakan teknik dan dekorasi yang tepat. (Foto: semenmerahputih)

RumahHokie.com (Jakarta) – Bidang dinding yang dikelola dengan menggunakan semen ekspos kini semakin digemari oleh masyarakat. Penggunaannya tak terbatas pada bangunan yang difungsikan sebagai restoran atau kafe saja. Banyak pemilik rumah tertarik dengan material unfinished tersebut, karena memiliki tampilan yang terkesan ‘jujur’ dan maskulin.

Kata ‘unfinished’ sebenarnya hanyalah sebuah istilah, tidak benar-benar belum selesai.
Sebab jika diperhatikan lebih detil, bidang dinding yang dikelola unfinished tersebut sudah diberi sentuhan akhir berupa pelapis khusus (coating)yang membuatnya tahan terhadap kelembapan dan mudah dibersihkan.

Baca Juga: Biar Permukaan Dinding Tidak Mudah Retak, Ikuti Cara Ini

Seiring dengan nge-tren nya bangunan bergaya industrial, bidang dinding yang dikelola memakai semen ekspos semakin popular.

Sebagai informasi saja, ciri khas gaya industrial ditampilkan dengan mengekspos jaringan utilitas di bagian plafon, penggunaan material metal dan kayu, serta bagian dinding dan lantai yang dibiarkan dikelola secara ‘jujur’ hanya dengan plesteran semen ekspos, tanpa dicat ataupun ditutup keramik.

Dikutip dari Rooang, terdapat 3 teknik finishing yang bisa anda gunakan pada interior hunian, yakni teknik Seamless Concrete, teknik Faux Concrete, dan teknik Polished Concrete.

Teknik terakhir, yaitu polished concreate merupakan tampilan unfinished yang paling banyak digemari. Sebab tekstur dan warnanya paling lembut, halus dan mudah dikombinasikan dengan gaya interior lainnya.

Baca Juga: Selain Dinding, Bagian Ini Juga Pantas dipasangi Wallpaper

Dengan mengaplikasikan dekorasi yang tepat, bagian dinding ruangan akan terlihat indah. Material unfinished semen ekspos akan terlihat menarik jika dipadukan dengan warna tertentu dari elemen dekoratif.

Anda dapat memadu-padankan  dengan warna-warna cerah seperti kuning ataupun biru yang dimiliki elemen dekoratif, seperti  frame foto, armatur lampu, lukisan atau bahkan warna dari material fabric sofa .

Namun demikian, disarankan penggunaan warna-warna cerah tersebut tidak terlalu berlebihan agar palet warna dasar tetap mendominasi dalam ruangan.

Aplikasi semen ekspos pada sebuah bangunan tidak selalu harus diterapkan sekaligus pada dinding dan lantai.

Anda bisa menerapkannya sebagai accent wall pada salah satu sisi ruangan, sehingga menjadi poin of view yang menarik. Apabila ingin berkreasi lebih, menggunakan parket kayu pada lantai, juga cocok untuk dipadukan dengan dinding semen ekspos.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda