Mau Beli Apartemen, Ketahui Dulu Istilah-istilah Khususnya

Sebelum mengupas istilah-istilah dalam hunian vertikal, perlu diklarifikasi terlebih dahulu perbedaan istilah apartemen dengan kondominium.

Gedung masterpiece empyreal-rumahhokie-dok
Foto: Apartemen Masterpiece dan Empyreal - Epicentrum (Anto Erawan)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sebelum mengupas istilah dalam hunian vertikal, perlu diklarifikasi terlebih dahulu perbedaan apartemen dengan kondominium. Pasalnya, di Indonesia, istilah apartemen dan kondominium masih rancu.

Kondominium dan Apartemen
Istilah kondomium berasal dari Bahasa Latin “con” yang berarti bersama dan “dominium” yang berarti kepemilikan.

Sebuah kondominium (condo) adalah hunian dimana ada bagian yang menjadi milik pribadi (unit kondominium), sementara sebagian besar dimiliki bersama penghuni lain yang dikelola asosiasi pemilik.

Sementara itu, istilah apartemen merujuk pada tempat tinggal yang mengambil sebagian kecil ruang dari sebuah gedung—yang bisa memiliki puluhan bahkan ratusan unit apartemen.

Jadi, kondominium menekankan pada hak kepemilikan (bersama), sedangkan apartemen terkait dengan bentuk hunian yang terpisah-pisah dalam satu gedung.

Baca Juga: Tips Mendesain Apartemen Tipe Studio dari Pakarnya

Selain itu, di hunian vertikal juga ada beberapa istilah khusus yang tidak digunakan pada rumah tapak:

Rumah Susun
Rumah susun
adalah gedung bertingkat yang terbagi dalam bagian-bagian kecil yang masing-masing dapat dimiliki atau digunakan secara terpisah untuk hunian. Gedung ini dilengkapi bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Bagian Bersama
Bagian bersama adalah semua bagian yang melekat pada rumah susun, termasuk lift, koridor, peralatan mekanikal dan elektrikal, atap, dinding luar, kolom struktur, pondasi, dan lainnya.

Benda Bersama
Adalah benda-benda yang berdiri sendiri dan terletak di atas tanah bersama, termasuk pos jaga, lansekap taman, tanda lalu lintas, lapangan olahraga, kolam renang, dan lain-lain.

Tanah Bersama
Adalah tanah tempat berdirinya rumah susun hingga dinding atau pagar pembatas.

Hak Bersama
Hak bersama dimiliki secara bersama-sama oleh para pemilik rumah susun, yang terdiri dari bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Pertelaan
Pertelaan adalah gambar dan uraian yang disahkan oleh Pemerintah Provinsi yang merinci pemisahan satuan rumah susun, bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Pertelaan adalah dasar diterbitkannya Sertifikat Hak Milik Atas Satuan Rumah Susun (SHM Sarusun) maupun perhitungan Nilai Perbandingan Proporsional (NPP).

Service Charge dan Sinking Fund
Pemilik/penghuni dikenakan biaya untuk pemeliharaan bangunan rumah susun secara keseluruhan. Service charge merupakan tanggung jawab pemilik, kecuali bila pemilik mengalihkan tanggung jawab kepada penghuni (penyewa).

Service charge meliputi biaya pemakaian, perawatan, dan perbaikan hak bersama (common property), pajak-pajak, asuransi, fee konsultan dan auditor, termasuk biaya karyawan dan biaya administratif badan pengelola.

Bentuk biaya lain adalah utility charge atau sinking fund yang dimaksudkan sebagai dana cadangan untuk penggantian/perbaikan berbagai komponen utilitas yang perlu diganti atau rusak.

Besarnya service charge maupun utility charge ditetapkan dalam AD/ART Perhimpunan Penghuni.

Anto Erawan

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda