Melalui AddVentures, SCG Dukung Perusahaan Rintisan di Indonesia

Melalui AddVentures, SCG membagikan rencana ekspansi masa depan dalam industri bisnis digital di Asia Tenggara, khususnya Indonesia.

Melalui AddVentures, SCG Dukung Perusahaan Rintisan di Indonesia
(Foto: Adhitya Putra - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) Siam Cement Group (SCG) memperkenalkan AddVentures, sebagai salah satu anak perusahaan untuk memperluas bisnis ke dalam sektor teknologi digital pada Investment Forum 2018, Rabu (03/10/2018) di Jakarta.

SCG menunjukkan inovasi digital pada banyak aspek bisnis, terutama peluang untuk mendukung startup yang potensial berkembang cepat dan mendorong pertumbuhan untuk era industri 4.0.

Menurut Nantapong Chantrakul, Country Director SCG Indonesia, teknologi merupakan kunci yang dapat mendorong bisnis untuk tumbuh dan berkembang saat ini. Era industri 4.0 telah di depan mata dan hal ini semakin penting bagi pertumbuhan di kawasan ASEAN.

Baca Juga: SCG Benamkan Dana Rp324 Miliar untuk Saham Mitra 10

“Kami semakin berfokus untuk mengadopsi teknologi pada seluruh proses perusahaan serta mengembangkan investasi ke dalam bisnis teknologi digital,” ucap Nantapong ketika jumpa pers.

Berdasarkan IDC – pusat data terbesar di Indonesia, pada 2021, transformasi digital akan menambahkan sekitar USD1,16 triliun kepada GDP Asia Pasifik, dan meningkatkan pertumbuhan sebesar 0,8% per tahun.

Indonesia diprediksi akan menjadi ekonomi digital terbesar di Asia Tenggara dengan nilai pasar sebesar USD130 miliar pada tahun 2020.

Baca Juga: Bidik Startup Fintech, EV Hive dan BTPN Hadirkan Co Working Space

Konglomerat bisnis asal Thailand itu memperluas investasinya melalui perusahaan rintisan (star-up) yang bergerak di bidang marketplace, automation, dan bidang teknologi lainnya.

Tercatat, mereka menginvestasikan dananya untuk perusahaan rintisan di Indonesia, seperti Rarali dan Dekoruma.

Diluncurkan sejak Juni 2017, AddVentures by SCG telah menyediakan 3 cara kerja sama dengan perusahaan start-up, yakni venture capital fund, kemitraan ekosistem, dan investasi langsung.

Pada kesempatan yang sama, Joshua Pas, Ph.D., Managing Director and Investment Committee of AddVentures by SCG, menjelaskan platform kerjasama itu dirancang secara strategis untuk mendukung perusahaan rintisan dan wirausaha di wilayah ini untuk tumbuh.

Baca Juga: Bantu Generasi Muda Indonesia, SCG Berikan 400 Beasiswa Pendidikan

“Kami membuka kesempatan kerja sama dengan startup digital Indonesia di mana kita bisa bersama-sama berkembang dengan memanfaatkan jaringan, keahlian, dan sumber daya SCG,” ujar Joshua.

Di tahun ini, ada 11 startup di Asia Tenggara yang telah bekerja sama dan menjadi bagian dari anak perusahaan SCG tersebut. Mereka juga melakukan investasi dalam skala dunia seperti di Sillicon Valley, Tel Aviv, dan China.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda