Memaksimalkan Fungsi Ruang di Garasi dengan Built In Storage

Jika merencanakan membuat garasi kendaraan anda, pertimbangkan untuk membuat built in storage di salah satu bagian dinding, agar ruangan tersebut rapi.

Hadirnya storage, akan membantu tampilan garasi menjadi rapi dan berkesan luas. (Foto: jonnylives.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Apakah garasi rumah anda tak begitu luas? Jika iya, diperlukan penataan yang cermat, agar fungsi ruang di garasi anda bisa dimanfaatkan secara maksimal. Salah satu solusi untuk menghemat ruang adalah dengan menghadirkan built in storage atau tempat penyimpanan untuk alat perkakas kendaraan.

Anda dapat menggunakan rak-rak gantung atau pegboard yang diletakan pada salah satu sisi garasi, sebagai area penyimpanan peralatan perkakas kendaraan.

Letakan alat perkakas secara vertikal di pegboard yang telah diberi tambahan pengait berdasarkan kategori penggunaannya, jangan bercampur. Misalkan, di satu sisi anda hanya letakan obeng dengan berbagai ukuran. Di sisi yang lain, anda bisa menggantungkan kunci pas dengan ragam fungsinya.

Baca Juga: Tips Menghadirkan Carport di Lahan Hunian Secara Maksimal

Apabila anda baru merencanakan membuat garasi, pertimbangkan untuk membuat built in storage di salah satu bagian dinding garasi.

Dengan kehadiran built in storage, garasi di rumah tidak akan terlihat berantakan. Tempat penyimpanan tersebut bisa diaplikasikan pada bagian dinding garasi yang lebih rendah dibanding bangunan utama. Anda bisa memanfaatkan kelebihan area split level bangunan utama dengan garasi.

Berbeda bila hanya meletakkan boks atau keranjang di tepi garasi, dengan built in storage anda tidak perlu khawatir karena adanya penutup. Walaupun sudah menghadirkan built in storage, anda tetap perlu memperhatikan penyusunan benda dan lemari agar area tidak dipenuhi oleh berbagai barang yang tidak lagi digunakan.

Baca Juga: Alih Fungsi Carport Jadi Balkon, Ini Dia Bentuknya

Anda dapat menyimpan barang dalam satu kelompok di wadah kontainer sesuai jenis barangnya. Misalkan satu wadah dikhususkan untuk menyimpan baut, wadah yang lain dikhususkan untuk meletakan busi kendaraan, dan seterusnya.

Namun, jika anda lebih memilih menggunakan rak gantung atau lemari terbuka, penataan dan penempatan barang-barang menjadi penting agar garasi tetap terlihat rapi.

Area dalam garasi tentunya dapat dimanfaatkan lebih dari sekadar untuk menyimpan kendaraan. Terlebih, bila di dalam rumah sudah tidak memungkinkan untuk meletakkan rak atau lemari tambahan.

Anda pun dapat memanfaatkan kehadiran built in storage atau lemari penyimpanan sebagai tempat untuk meletakan peralatan olahraga maupun perlatan berkebun anda. Namun, perhatikan penyusunannya, agar tak bercampur dengan perkakas otomotif anda.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda