Menarik Disimak, Perjalanan Bisnis Pendiri Ikea: Ingvar Kamprad

Ikea Swedia mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan bahwa Ingvar Kamprad telah meninggal dengan damai di rumahnya. Pengusaha ritel perabot furnitur tersebut tutup usia di umur 91 tahun.

Ingvar Kamprad-RumahHokie.com-aftonbladet
Mendiang Founder IKEA, Ingvar Kamprad. (Foto: aftonbladet)

RumahHokie.com (Swedia) – Ikea Swedia mengabarkan secara resmi bahwa Ingvar Kamprad, pendiri perusahaan penyedia perabot furnitur tersebut telah wafat pada usia 91 tahun. Pria yang dikenal sebagai salah satu pengusaha terbesar abad ke 20 itu meninggal di rumahnya di Småland.

Seperti yang diberitakan oleh BBC News, Minggu (28/01/2018), Ikea Swedia mengkonfirmasi dalam sebuah pernyataan bahwa Kamprad telah meninggal dengan damai di rumahnya.

Ikea Swedia mengatakan bahwa pria yang lahir pada tahun 1926 silam itu merupakan seorang pengusaha hebat khas Swedia selatan, meskipun pada akhirnya ia mengundurkan diridari dewan direksi pada saat memasuki usia 87 tahun.

Baca Juga: Dinilai Berpotensi, Ikea Indonesia Buka Distribution Point di Bekasi

“Ia merupakan pekerja keras dan keras kepala, dengan banyak kehangatan dan kegilaan yang menyenangkan di matanya. Dia bekerja sampai akhir hayatnya, tetap berpegang pada moto sendiri bahwa banyak hal masih harus dilakukan, ujar juru bicara Ikea.

Dengan kreativitasnya Ingvar Kamprad memunculkan dan mempopularkan perabot furnitur flat pack dengan desain sederhana, namun tetap fungsional.

Produk-produk Ikea dikenal karena mudah diaplikasikan oleh para penggunanya, sehingga memungkinkan konsep ‘do-it-yourself’ dilakukan para pemilik hunian.

Dalam sebuah wawancara yang dilakukan oleh salah satu saluran televisi Swedia
di tahun 2016, Kamprad mengatakan bahwa dia membangun bisnisnya dengan menerapkan etos lokal.

Baca Juga: IKEA Rilis Cara Baru Berbelanja Melalui Online Point Bintaro

Bisnis perusahaan ritel perabot furnitur tersebut tetap dimiliki secara pribadi dan dioperasikan oleh keluarga Kamprad.

BBC News menuliskan bahwa struktur bisnis Ikea yang rumit telah menarik kontroversi dan Komisi Eropa mengatakan tahun lalu bahwa pihaknya telah meluncurkan penyelidikanvterhadap peraturan pajak perusahaan tersebut.

Sejak tahun 2014, Ikea melebarkan sayap bisnisnya di Tanah Air dengan membuka toko pertama mereka yang berlokasi di Alam Sutera, BSD.

Ekspansi bisnis Ikea di Indonesia dikelola dibawah persetujuan lisensi yang diberikan kepada
PT Hero Supermarket Group Tbk.

Melalui simulasi desain yang di buat selayaknya ruangan-ruangan di dalam rumah ataupun
unit apartemen dengan tampilannya yang instagram-able, Ikea Indonesia menghadirkan rangkaian perabot rumah tangga yang didesain multifungsi.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda