Mengenal Fungsi Void Rumah dan Tips Atasi Taman yang Banjir pada Area Tersebut

Kehadiran void rumah tidak saja menambah keindahan esetika bangunan saja, namun juga bisa memberi banyak manfaat yang bisa dirasakan penghuni.

void rumah, inspirasi void rumah, void bangunan
Salah satu inspirasi aplikasi void rumah di ruang tamu. (Foto: Homedit)

RumahHokie.com (Jakarta) – Pernahkah Anda melihat desain rumah yang memiliki bagian plafon ganda, sehingga membuatnya lebih tinggi? Nah, bagian itu oleh banyak arsitek ataupun kontraktor dikenal dengan istilah void rumah.

Area kosong terbuka yang terletak ditengah-tengah konstruksi bangunan dua lantai ini tidak hanya sekedar pemberi keindahan estetis pada arsitektur rumah saja.

Akan tetapi, hadirnya void rumah dalam sebuah bangunan juga bisa memberi banyak nilai manfaat yang bisa dirasakan penghuni, lho Hokie People.

Baca Juga: Manfaatkan Area Void, City Square Mall Buka Taman Bermain Gantung Pertama di Dunia

Manfaat Aplikasi Void Pada Rumah Tinggal

Dikutip dari laman Home.co.id, Senin (13/01/2020) terdapat tiga manfaat yang dapat diperoleh dari aplikasi void di rumah. Simak penjelasannya berikut ini.

1. Sebagai sumber pencahayaan alami
Sifat terbuka yang ada pada void rumah, memungkinkan pancaran sinar matahari untuk lebih banyak masuk dan menyebar ke dalam ruangan.

Tentunya, dengan semakin banyaknya pencahayaan alami yang masuk ke dalam hunian, akan membuat rumah menjadi lebih sehat dan hemat energi, karena mengurangi penggunaan lampu ketika siang hari.

Baca Juga: Dinding Rumah Kotor Pasca Banjir, Ini Dia Cara Membersihkannya

2. Membuka jalur sirkulasi udara
Kehadiran void rumah juga dapat membuka jalur sirkulasi udara segar untuk masuk kedalam ruangan. Menurut sejumlah arsitek, mengaplikasikan void hunian bisa menjadi solusi dalam mengatasi udara panas di dalam rumah.

3. Memberikan kesan lapang
Fungsi ketiga yang bisa diperoleh pemilik properti dengan menghadirkan void adalah akan memberikan kesan lapang pada interior rumah minimalis. Membangun plafon ganda pada ruang keluarga bisa menjadi salah satu cara efektif menata rumah kecil agar tampak leluasa.

Umumnya, void rumah akan diletakkan pada area-area komunal di dalam hunian, seperti di ruang keluarga, ruang makan, dapur, atau bahkan area dekat anak tangga.

Baca Juga: Deretan Fakta Rumah Mewah di Atas Thamrin City Mall yang Hebohkan Warganet

Disebabkan kemampuannya untuk menghadirkan cahaya alami dan menangkap udara, void rumah juga kerap kali digunakan sebagai media untuk ‘menjembatani’ elemen outdoor yang akan dihadirkan di dalam ruangan, misalnya taman indoor dan kolam ikan.

Tips Cegah Banjir di Taman pada area Void Rumah

Tidak sedikit pemilik hunian memanfaatkan area di bawah void rumah untuk menjadi taman indoor. Akan tetapi, curah hujan yang tinggi kini terkadang membuat taman di dalam rumah menjadi tergenang dan membanjiri ruangan di sekitarnya.

Nah untuk mencegah taman di bawah void rumah banjir, simak tips berikut ini yang kami kutip dari laman Idea Grid.

1. Bersihkan area taman
Kumpulkan dan Singkirkanlah sampah daun-daun dan puing yang jatuh ke dalam saluran untuk mencegah penyumpatan pada aliran air. Cara ini akan membuat air hujan pun dapat mengalir dengan lancar.

2. Sebarkan mulsa di permukaan tanah
Tahap selanjutnya, Hokie People dapat menambahkan mulsa (bahan jerami berupa dedaunan) yang disebarkan pada permukaan tanah pada taman di area void rumah.

Langkah ini dapat meningkatkan daya serap tanah ketika air hujan turun. Untuk permukaan rumput yang sering kali tergenang banjir, tambahkan campuran tanah dengan sedikit pasir.

3. Manfaatkan leaf mould
Leaf mould merupakan sejenis kompos yang dihasilkan dari dedaunan yang telah membusuk. Elemen ini merupakan kondisioner yang baik untuk tanah, karena membantu menyerap banyak air hujan yang turun dari bagian void rumah.

4. Buatlah aerasi tanah
Penyebab umum terjadi banjir di taman indoor salah satunya adalah karena terlalu padatnya tanah, sehingga air sulit penetrasi ke dalam.

Dengan membuat aerasi, tak hanya membantu oksigen mencapai ke akar rumput, tetapi juga menyediakan jalan untuk air menuju ke dalam tanah.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda