Mengenal Loster dan Berbagai Inspirasi Penerapannya di Rumah

Seiring dengan perkembang tren desain hunian, saat ini loster banyak digunakan pula sebagai aksen dekorasi baik pada bagian eksterior maupun area interior bangunan.

Mengenal Loster dan Berbagai Inspirasi Penerapannya di Rumah
Salah satu inspirasi dari aplikasi loster yang dapat membuat bagian halaman belakang rumah terasa sejuk dan indah. (Foto: saktidesain)

RumahHokie.com (Jakarta) – Banyak cara untuk mendapatkan desain rumah dengan penampilan indah. Selain penerapan warna cat yang tepat, pemilihan jenis material tertentu pun dapat memberikan estetika ruang yang menarik. Contohnya dengan memasang loster pada area tertentu.

Loster merupakan jenis material bangunan yang terdiri dari lubang-lubang berukuran kecil.
Fungsi utama dari loster adalah menjadi elemen untuk jalur ventilasi udara dan cahaya, agar dapat masuk ke dalam ruangan. Dahulu, loster hanya ditempatkan pada area sekitar pagar atau bagian atas dinding rumah.

Akan tetapi, seiring dengan perkembang tren desain hunian, saat ini loster banyak digunakan pula sebagai aksen dekorasi baik pada bagian eksterior maupun area interior bangunan. Tersedianya berbagai bentuk loster dapat mendukung tampilan estetika hunian.

Baca Juga: Manfaatkan Sirkulasi, Maksimalkan Asupan Udara dan Cahaya Alami

Lalu, bagaimana penerapan loster agar dapat menunjang penampilan dari bangunan rumah? Simak berbagai macam ide dan inspirasi-nya berikut ini.

Loster sebagai partisi antar ruangan
Apakah ruang tamu hunian Anda letaknya bersebelahan dengan ruang keluarga? Jika iya, tentunya Hokie People membutuhkan sebuah partisi untuk membatasi kedua area tersebut. Nah, loster bisa jadi pilihan untuk digunakan sebagai partisi ruangan. Agar tidak memenuhi ruangan, pilihlah loster yang terbuat dari kayu dan tidak terlalu tebal.

Loster sebagai ornamen dekoratif dinding
Selain dijadikan partisi ruangan, loster juga bisa digunakan sebagai ornamen dekoratif pada dinding ruangan lho, Hokie People. Menerapkan jenis material bangunan itu pada halaman belakang rumah, akan memberikan tampilan estetika yang menarik dan bisa menjadi point of interest tersendiri.

Baca Juga: Berbagai Jenis Batuan Alam yang Dapat Memperindah Fasad Rumah

Memasang loster pada bagian fasad rumah pun akan membuat tampilan ‘muka’ bangunan semakin menarik. Tentukan saja motif dan warna yang sesuai dengan gaya desain rumah Anda.

Loster sebagai pembatas balkon
Pada umumnya, pemilik rumah akan memasang teralis di area balkon kamar tidur sebagai pengaman. Jika Hokie People ingin mendapatkan tampilan yang berbeda, gunakan loster untuk memagari area balkon tersebut. Selain aman, pengaplikasian material itu pun akan membuat tampilan balkon semakin indah.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda