Mengenal Ragam Pilihan Material Pelapis Dinding untuk Area Dapur

Oleh karena fungsinya yang rentan terkena cipratan noda dan air, anda harus lebih selektif dalam memilih material pelapis dinding atau backsplash.

Material dapur-RumahHokie.com-Adhitya-6069
Beragamnya pilihan material pelapis dinding (backsplash) menjadikannya sebagai salah satu elemen dekoratif yang dapat mempercantik area dapur. Seperti yang nampak pada dapur salah satu unit apartemen di kawasan Alam Sutera ini yang menggunakan material keramik mozaik sebagai pelapis dinding di area dapur. (Foto: Adhitya - RumahHokie.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Material pelapis dinding atau dikenal juga dengan istilah backsplash pada area dapur kini semakin variatif. Umumnya, backsplash terpasang pada bagian di dekat meja dapur dan kompor untuk melindungi dinding dari cipratan minyak atau bahan makanan lainnya ketika aktivitas memasak berlangsung.

Selain itu, keberadaan material pelapis dinding atau backsplash juga mampu menjadi elemen dekoratif yang mempercantik tampilan interior di dapur.

Oleh karena fungsinya yang rentan terkena cipratan noda dan air, anda harus lebih selektif dalam memilih material pelapis dinding tersebut. Berikut ini adalah beberapa pilihan material backsplash yang populer digunakan.

Baca Juga: Cara Pintar Dalam Menata Dapur yang Kecil Agar Terkesan Luas

Keramik

Keramik menjadi material primadona yang seringkali dipilih sebagai pelapis dinding backsplash. Pilihan warna, bentuk, motif dan ukuran yang beragam menjadi pertimbangan utama mengapa banyak orang memilih material ini. Perawatannya pun terbilang mudah. Anda hanya cukup menggunakan lap basah untuk membersihkan noda yang menempel pada permukaan pelapis dinding tersebut.

Marmer dan Granit

Kedua material tersebut acapkali digunakan agar menciptakan kesan mewah dan elegan pada area dapur. Sebagian orang memilih dua jenis material tersebut untuk digunakan menjadi pelapis backsplash. Sebelum dipasang, marmer dan granit harus dipoles menggunakan mesin poles dan dilapis cairan coating agar tampilannya lebih mengilat.

Baca Juga: Ingin Tampilan Dapur Anda Lebih Memikat, Ini Dia Tipsnya

Kaca

Material berikutnya yang banyak dipilih untuk melapisi dinding backsplash adalah kaca. Jenis material kaca ini cukup beragam. Anda bisa memilih cermin yang memberikan
efek pantul untuk menciptakan kesan luas. Sedangkan untuk elemen dekoratif,
Anda bisa menggunakan kaca buram (sandblast) atau kaca warna (tinted glass) dengan beragam pilihan warna.

Stainless Steel

Jika ingin menghadirkan kesan industrial di sisi dapur anda, pilihan untuk menggunakan material stainless steel pada dinding backsplash menjadi hal yang tepat.Tampilannya yang rustic serta anti karat menjadikan material stainless steel sering digunakan sebagai bahan pelapis dinding di dapur. Material jenis ini pun mudah dibersihkan dengan menggunakan lap basah.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda