Mengenal Ragam Teknik Pemasangan Tirai Jendela

Tak hanya pemilihan warna serta motif yang tepat, panjang kain tirai pun harus diperhatikan jika ingin mendapatkan nuansa yang cantik pada bagian interior hunian Anda.

Tirai jendela-RumahHokie.com-istimewa
(Foto: aliexpress)

RumahHokie.com (Jakarta) – Berfungsi sebagai bagian dari elemen dekorasi, aplikasi tirai jendela dapat mendukung keindahan tampilan ruangan secara menyeluruh.

Tak hanya pemilihan warna serta motif yang tepat, panjang kain tirai pun harus diperhatikan jika ingin mendapatkan nuansa yang cantik pada bagian interior hunian Anda.

Lalu, sepanjang apa seharusnya tirai jendela diaplikasikan pada bagian jendela rumah ya, Hokie People?

Sekalipun terlihat sepele, sebenarnya ada beragam panjang tirai yang bisa dipilih dan disesuaikan dengan gaya yang ingin dimunculkan. Simak penjelasannya berikut ini yang dikutip dari berbagai sumber.

Baca Juga : Wow Keren! Jendela Ini Dapat Berfungsi Menjadi Balkon Dalam Sekejap

Posisi berada di bawah bingkai jendela
Jenis tirai satu ini disebut apron. Kain tirai memiliki panjang yang melebihi daripada sill dan panjangnya melewati rangka bingkai jendela bagian bawah. Tirai dengan panjang seperti ini cenderung bersifat casual dan bisa digunakan pada area kamar anak.

Jenis tirai jendela dengan panjang seperti apron atau sill biasanya digunakan karena tirai akan sering dibuka, sehingga panjangnay dapat memudahkan dan tidak membuat berat.

Posisi sama dengan bingkai jendela
Aplikasi tirai seperti ini disebut juga dengan nama sill. Apabila tirai diikat ke samping, maka kain akan mengambang sedikit di atas bingkai jendela. Posisinya yang berada sama dengan bingkai jendela, membuat cara ini cocok untuk digunakan pada area dapur, karena ukurannya yang tidak terlalu panjang.

Baca Juga : Tempat Duduk di Dekat Jendela, Buat Ruangan Tampil Beda

Panjang kain tirai menyentuh lantai
Pemasangan kain tirai dengan panjang hingga menyentuh lantai, cenderung menampilkan nuansa yang formal. Jika Anda ingin menampilkan kesan plafon ruangan yang tinggi, aplikasi kain tirai model seperti ini dirasa tepat. Walaupun kain menyentuh permukaan lantai, namun masih cukup praktis untuk dibuka atau ditutup.

Panjang kain tirai ‘menyapu’ lantai
Berbeda dari cara sebelumnya, aplikasi pemasangan kain tirai yang ‘menyapu’ lantai cocok untuk memberikan kesan mewah nan dramatis pada tampilan dekorasi ruangan.

Disebut pula dengan nama puddle atau pooling, aplikasi kain tirai yang menjuntai hingga ke lantai, memang  membutuhkan perhatian yang lebih, karena Anda harus merapikan kembali bagian bawah tirai ketika dibuka atau ditutup.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda