Mengesankan, Kantor Partai Golkar Ini Didesain Ramah Lingkungan

Arsitektur bangunan ini dirancang tidak hanya mementingkan estetika saja, namun juga memberikan dampak positif bagi kader partai maupun lingkungan sekitar.

Tampilan fasad Gedung Partai Golkar DPD DKI Jakarta. Rancangan bangunan ini ingin menghidupkan kembali jiwa dari bangunan lama. (Foto: Fernando Gomulya)

RumahHokie.com (Jakarta) – Mengusung konsep arsitektur dengan mengedepankan keterbukaan serta berfokus pada nilai-nilai positif, sebuah bangunan yang difungsikan sebagai kantor dari partai politik ini tampil mengesankan.

Desain bangunan seluas 2.600 meter persegi karya biro arsitek Delution Architect ini
berpegang pada 4 aspek utama, yaitu Lebih terbuka dan transparan (Open and Transparancy); Menghidupkan kembali jiwa dari bangunan (Green Reviving); Menumbuhkan semangat kolaborasi (Collaborative and Community Hub); serta Memperkuat kembali nilai-nilai kebangsaan (Raising the Nationalism).

Sang Biro arsitek banyak membuat area komunal yang asri di bangunan kantor Golkar DPD Jakarta (Foto: Fernando Gomulya)

Pengejawantahan 4 aspek tersebut nampak begitu terasa pada tampilan bagian arsitektur maupun interior yang mengoptimalkan keterbukaan pada setiap ruangan yang ada.

Baca Juga: Hadir di Kehidupan Nyata, Begini Lho Lucunya Penampakan Rumah SpongeBob!

Tak banyak sekat membatasi gedung yang digunakan sebagai kantor Partai Golkar DPD DKI Jakarta ini. Hanya nampak beberapa bagian ruangan yang dianggap perlu sekat, dibatasi dengan kaca bening yang lebar.

Sirkulasi udara segar dapat dengan mudah masuk kesetiap ruangan bangunan. Pencahayaan
alami dari sinar matahari pun dapat menyinari kedalam setiap ruangan dengan baik dan terasa nyaman.

Rancangan gedung yang berdiri di lahan seluas 3.400 meter persegi, banyak menghadirkan area hijau. (Foto: Fernando Gomulya)

Dengan bentuk bangunan semi terbuka, membuat bangunan yang terletak di Cikini, Menteng, Jakarta Pusat ini mampu mengurangi konsumsi penggunaan pendingin udara (AC) dan pemakaian lampu. Dengan begitu, membuat desain bangunan ini menjadi lebih ramah terhadap pemakaian energi listrik.

Adanya tanaman di setiap kuliat bangunan membuat panas matahari dan suhu panas yang masuk menjadi lebih tereduksi.

Baca Juga: 6 Inspirasi Rancangan Ruang Kerja yang Nyaman Diterapkan di Rumah

Beberapa foto-foto kegiatan partai Golkar dipampang pada salah satu bagian dinding ruangan, agar menjadi objek memorabilia kantor ini. (Foto: Fernando Gomulya)

Mayoritas material yang digunakan adalah lantai acian mentah, tembok plesteran mentah dicat, serta Blockboard mentah dengan finishing clear.

Menurut Delution Architect, dominasi penggunaan material mentah dimaksudkan selain menghemat waktu dan biaya, mereka juga ingin menampilkan simbol kejujuran dari jenis-jenis material mentah tersebut.

Pencahayaan gedung ini menggunakan lampu LED yang hemat energi. Di saat malam hari, pencahayaannya nampak menonjolkan aura dari bangunan kantor Golkar Jakarta.(Foto: Fernando Gomulya)
Agar ruangan tampil ikonik, diletakan pula artwork berbentuk lambang dari Partai Golkar serta adanya aksen warna kuning pada dinding dan lantai. (Foto: Fernando Gomulya)

Rancangan gedung ini tak hanya memukau pada bagian eksteriornya saja. Pada bagian interiornya pun dibuat dengan mengutamakan nilai-nilai filosofi yang menarik. Setiap ruang di kantor Golkar DPD Jakarta ini diberi nama yang diambil dari simbol-simbol kebangsaan, seperti ruang Pancasila, Ruang Proklamasi, dan lain sebagainya.

Konsep arsitektur kantor Golkar DPD Jakarta tidak hanya menonjolkan keindahan estetikanya saja. Sang biro arsitek, Delution Architect, sanggup membuat rancangan bangunan yang ramah terhadap lingkungandan serta penuh dengan filosofi kebangsaan yang positif.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda