Menghalau Serangan Debu dan Bau di Rumah, Begini Caranya

Mencegah debu melekat di berbagai furnitur memiliki banyak cara. Hal termudah adalah dengan melakukan pembersihan secara rutin.

Foto : Higienis.com

RumahHokie.com (Jakarta) – Partikel satu ini kadang membuat furnitur jadi mudah kotor. Ya, debu atau dust merupakan partikel padat berukuran sangat kecil. Karena mudah terbawa oleh udara, debu dapat hinggap di mana saja.

Rumah yang jarang dibersihkan tentu bakal menyimpan banyak debu dan kotoran. Tak hanya melekat pada lantai, debu juga kerap menempel pada karpet, sofa, meja, gorden serta furnitur lain.

Agar furnitur dalam hunian terjaga oleh partikel satu ini, berikut tips mencegahnya.

Gunakan vacuum cleaner
Mulailah dengan membersihkan lantai. Lakukan pembersihan di sudut-sudut ruang yang sulit dijangkau. Untuk membersihkan karpet, sofa, gorden serta furnitur lainnya dari debu dan kotoran yang menempel, baiknya menggunakan mesin penyedot debu (vacuum cleaner).

Untuk mengangkat debu menempel di meja kayu atau kaca, gunakanlah kain sebagai alat pembersihnya. Sedangkan debu yang menempel pada dinding, Anda dapat lakukan pembersihan itu menggunakan kemoceng.

Tempatkan exhaust fan
Selain debu, biasanya rumah yang lama ditinggalkan menimbulkan bau tak sedap. Kurangnya cahaya matahari yang masuk dan udara yang mengalir adalah penyebab rumah jadi lembap.

Cara lain menghalau bau dan debu yang paling efektif adalah menggunakan kipas angin sistem sedot-buang (exhaust fan). Alat ini bisa menyegarkan ruangan serta mengurangi debu.

Tempatkan air purifier
Mesin lainnya yang berfungsi meminimalkan debu adalah air purifier atau mesin penyaring udara. Sosok penjernih udara ini mirip penyejuk ruangan (AC). kelebihannya memiliki filter di dalamnya.

Selain berfungsi sebagai menyaring dan menetralisasi udara dari kotoran, debu, dan bau. Alat ini juga mampu membasmi kuman dan bakteri yang melekat pada isi hunian Anda.

Atur sirkulasi udara
Cara lain mencegah debu agar tidak masuk ke dalam rumah yaitu dengan membuka jendela di setiap pagi atau sore hari selama 10 menit. Tindakan ini dilakukan agar pertukaran udara rumah dan luar teratur.

Hindari untuk membuka jendela sepanjang hari, karena akan menyebabkan debu-debu masuk. Bukalah berulang kali namun, dalam waktu yang singkat.

Bersihkan AC
Lakukan juga membersihkan AC pada ruangan dan kamar. Penyaring AC biasanya menyimpan debu. Pasanglah exhaust fan di kamar mandi dan dapur, agar debu yang ada di ruangan tersebut bersih.

Terpenting adalah dengan cara bersih-bersih rumah secara rutin. Lingkungan rumah yang bersih akan membuat kita terhindar dari berbagai jenis penyakit.

Semoga bermanfaat.

Dedy Mulyadi

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda