Menilik Deretan Rumah Pengasingan Soekarno di Pulau Sumatera

Tidak jarang, rumah pengasingan Bung Karno yang terletak di Pulau Sumatera dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah nan eksotis.

Rumah Soekarno, Rumah pengasingan Soekarno, Hari Kemerdekaan RI
(Foto: Sindonews / Infosurabaya)

RumahHokie.com (Jakarta) – Sosok Ir. Soekarno dan Pulau Sumatera punya kaitan khusus terhadap perjalanan kemerdekaan negara Indonesia. Di tanah Sumatera, sejumlah rumah pernah digunakan untuk persinggahan serta pengasingan Sang Proklamator Bangsa.

Dahulu salah satu cara untuk meredam gerak dan pemikiran presiden pertama Indonesia tersebut, pemerintah Kolonia Belanda sering mengasingkan Soekarno ke berbagai daerah.

Bung Karno sengaja ditempatkan di rumah yang berlokasi di pelosok Sumatera. Namun demikian, tak jarang rumah pengasingan Bung Karno di Pulau Sumatera dikelilingi oleh pemandangan alam yang indah nan eksotis.

Baca Juga: Deretan Rumah yang Berperan dalam Perjuangan Kemerdekaan Indonesia

Mau tahu dimana saja, properti di Sumatera yang pernah menjadi rumah pengasingan Bung Karno? Simak penjelasannya berikut ini.

Rumah singgah Soekarno di Parapat

Rumah Soekarno, Rumah pengasingan Soekarno, Hari Kemerdekaan RI
(Foto: klikhotel)

Selain memiliki pemandangan alam yang cantik, tepian Danau Toba, tepatnya di Parapat, Sumatera Utara, juga dikenal masyarakat sebagai salah satu lokasi dari persinggahan Bung Karno.

Dilansir dari laman Rooang, rumah persinggahan Bung Karno di Parapat tergolong megah. Hunian tapak ini dibangun menghadap ke hamparan danau.

Menurut cerita, Bapak dari Megawati Soekarnoputri itu pernah singgah selama dua bulan bersama Bung Hatta, KH Agus Salim dan Sutan Sjahrir.

Baca Juga: Sambut Kemerdekaan RI, Grand Metropolitan Gelar Ragam Pentas Budaya Tanah Air

Kini properti yang dikenal pula oleh masyarakat Sumatera Utara sebagai Pesanggrahan Bung Karno itu menjadi salah satu objek wisata cukup diminati berbagai kalangan.

Rumah pengasingan Soekarno di Bangka

Rumah Soekarno, Rumah pengasingan Soekarno, Hari Kemerdekaan RI
(Foto: klikhotel)

Rumah bersejarah di Sumatera selanjutnya adalah Wisma Menumbing, Bangka. Bangunan yang didirikan pada tahun 1927 ini berada di puncak Gunung Menumbing. Dahulu, Bung Karno dan sejumlah tokoh nasional lainnya juga pernah menghuni dibawa rumah sementara ini.

Baca Juga: GB Sanitaryware Berikan Apresiasi Spesial Kepada Veteran Pejuang RI

Rumah pengasingan di Berastagi

Rumah Soekarno, Rumah pengasingan Soekarno, Hari Kemerdekaan RI
(Foto: klikhotel)

Rumah di Berastagi, Kabupaten Tanah Karo, Sumatera Utara, ini menjadi hunian pengasingan Soekarno selanjutnya. Bung Karno sempat tinggal di rumah ini selama kurang lebih 12 hari.

Berdiri di lahan dekat sebuah bukit, rumah seluas 10 x 20 meter persegi ini memiliki arsitektur bergaya Eropa. Hampir sekujur bangunannya bercat putih serta beratapkan genteng seng warna merah.

Rumah yang dibangun pada tahun 1719 ini, dahulunya merupakan tempat tinggal seorang perwira Belanda. Kini, kondisi bangunan yang menjadi museum ini masih dipertahankan seperti dahulu kala, termasuk perabotan furnitur yang pernah digunakan Bung Karno.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda