Menteri PUPR Resmikan Rusunawa Santri di Yogyakarta

Bangunan Rusunawa Pondok Pesantren Mu'allimin Muhammadiyah dirancang memiliki satu twin block dan menelan biaya senilai Rp8,52 miliar

Rusunawa Pondok Pesantren Mu'allimin Muhammadiyah Yogyakarta, Menteri PUPR, Kementerian PUPR, hunian subsidi
Menteri PUPR RI, Basuki Hadimuljono, saat meresmikan Rusunawa Ponpes Mu'allimin Muhammadiyah, Yogyakarta. (Foto: dok. Kementerian PUPR)

RumahHokie.com (Bantul) – Rumah susun sewa (Rusunawa) Pondok Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah di Kabupaten Bantul, Yogyakarta, diresmikan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, pada Sabtu (16/11/2019) lalu.

Peresmian Rusunawa santri tersebut ditandai dengan penandatanganan prasasti yang dilakukan oleh Menteri PUPR serta didampingi Direktur Jenderal Penyediaan Perumahan, Khalawi Abdul Hamid.

Nampak pula Mantan Ketua Umum Pengurus Pusat Muhammadiyah, Buya Achmad Syafii Maarif dan Direktur Madrasah Mu’allimin Muhammadiyah, Ali Auliah, yang ikut mendampingi peresmian tersebut.

Baca Juga: Kehadiran Rusunawa Mahasiswa Dinilai Mampu Bentuk Karakter Sosial Milenial

Melansir dari siaran pers, Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan, Pemerintah melalui Kementerian PUPR siap mendukung dan berkontribusi dalam menyiapkan kawasan pendidikan. Salah satunya, dengan pembangunan rusunawa untuk para santri.

Basuki menjelaskan, bangunan Rusunawa Pondok Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah  dirancang memiliki satu twin block dan menelan biaya senilai Rp8,52 miliar.

“Biaya pembangunannya menelan anggaran Rp7,7 miliar dan untuk pengadaan furnitur sebesar Rp820 juta,” jelasnya.

Dia lebih lanjut berujar, pihaknya merasa bangga karena ikut dilibatkan dalam membangun kawasan pendidikan di lingkungan Ponpes Muhammadiyah di Yogyakarta tersebut.

Baca Juga: Inilah Strategi Program Perumahan Kementerian PUPR Lima Tahun ke Depan

Basuki berharap, dengan dukungan pembangunan Rusunawa bagi para santri ini dapat membawa berkah buat keluarga besar Kementerian PUPR.

“Hal tersebut tentunya, dapat menambah semangat kami untuk menjalankan amanah rakyat dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat, melalui pembangunan infrastruktur dan perumahan,” katanya.

Rusunawa Ponpes Mu’alimin Yogyakarta dibangun oleh Satuan Kerja Pengembangan Perumahan Direktorat Jenderal Penyediaan Perumahan Kementerian PUPR pada tahun 2017 lalu.

Bangunan vertikal tersebut ini terdiri dari tiga lantai dengan unit hunian tipe barak yang hadir sebanyak 12 unit.

Baca Juga: Rampung di 2020, Rusunawa Paspampres Dilengkapi Area Parkir Panser

Untuk memberi kenyamanan para santri yang menghuni, Rusunawa itu dilengkapi dengan perabot furnitur, seperti lemari pakaian, tempat tidur tingkat dan meja dan kursi belajar.

Rusunawa Pondok Pesantren Mu’allimin Muhammadiyah Yogyakarta diperuntukkan bagi para santri laki-laki dan telah dilengkapi dengan prasarana, sarana dan utilitas.

Diantaranya, lapangan olahraga, area wudhu, toilet komunal. Setiap santri akan dikenai tarif sewa sebesar Rp150 ribu lengkap dengan listrik, air dan biaya kebersihan.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda