Menurut Feng Shui, Tangga Putar Tak Selamanya Bawa Sial

Mengapa penggunaan tangga putar dianggap tidak baik dan kerap dihindari? Dan bagaimana aturan feng shui untuk menghilangkan efek buruknya?

tangga putar - pixabay - rumahhokie - dok
Tangga putar tak selamanya bawa sial (Foto: Pixabay.com)

Oleh: Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Kita sering mendengar bahwa tangga putar (yang bentuknya melengkung) kurang disukai karena dianggap tak baik menurut hitungan feng shui.

Pertanyaannya, mengapa tangga putar dianggap tidak baik? Dan bagaimana aturan feng shui sebenarnya?

Salah satu argumen dari aspek bentuk (form school feng shui) mengapa tangga putar tidak disukai, karena bentuknya seperti “bor” yang menancap di dalam ruangan rumah.

Tangga putar yang bentuknya seperti “bor” menancap di tengah-tengah ruangan kurang disukai dalam penerapan feng shui.
Tangga putar yang bentuknya seperti “bor” menancap di tengah-tengah ruangan kurang disukai dalam penerapan feng shui.

Memang harus diakui ada bentuk-bentuk tangga putar yang “menyeramkan” sulit dinaiki atau dituruni, sehingga menimbulkan kesan negatif.

Alasan kedua yang juga menyangkut masalah konsep dan pemahaman feng shui yaitu bahwa tangga mengantarkan orang dan barang dari lantai bawah ke lantai atas dan sebaliknya.

Tangga setengah putar ini tanpa dilengkapi handrail. Meskipun tidak seluruhnya berbentuk lingkaran, tetapi “menakutkan”, terutama bagi orang tua, karena tampak licin dan rawan tergelincir saat digunakan.
Tangga setengah putar ini tanpa dilengkapi handrail. Meskipun tidak seluruhnya berbentuk lingkaran, tetapi “menakutkan”, terutama bagi orang tua, karena tampak licin dan rawan tergelincir saat digunakan. Di sini jelaslah bahwa penggunaan tangga dalam feng shui kurang disukai, bukan karena tangga tersebut, tetapi perasaan negatif yang berkembang dari para pemakai yang membuat tangga putar kurang cocok digunakan dalam rumah.

Karena sifatnya yang mengantarkan itu, maka tangga digolongkan dalam unsur “Air”. Nah, yang menjadi aturan feng shui adalah tidak baik menggunakan tangga putar di tengah ruangan.

Mengapa? Karena konsepnya tengah ruangan (bangunan) berunsur Tanah; karena Tanah bentrok dengan Air, maka meletakkan tangga putar di tengah-tengah menyalahi aturan feng shui.

Lihat Sisi Positif
Di lain pihak, kita harus mengingat segi positif tangga putar dalam feng shui, yaitu bahwa tangga putar menghemat ruangan yang bermanfaat untuk rumah kecil.

Irit ruang inilah yang perlu diingat saat menggunakan tangga putar di dalam merencanakan rumah. Kedua bentuk tangga putar harus diakui indah, sehingga masuk akal jika orang menggunakan tangga putar sebagai salah satu ornamen ruangan, terutama untuk ruangan besar. Artinya tangga putar juga berfungsi menambah keindahan rumah.

Tangga ini tidak berputar seluruhnya (hanya sebagian melengkung) karena itu tidak digolongkan berunsur “Air”. Bentuknya yang indah membuatnya bisa diletakkan di tengah ruangan.
Tangga ini tidak berputar seluruhnya (hanya sebagian melengkung) karena itu tidak digolongkan berunsur “Air”. Bentuknya yang indah membuatnya bisa diletakkan di tengah ruangan.

Oleh karena itu, tangga putar bisa tetap digunakan sesuai aturan feng shui, apabila: (1) tangga putar tidak di letakkan di tengah-tengah ruangan. (2) Bentuknya indah.

tangga putar 4 - rumahhokie - dok
Tangga spiral baik terbuat dari Kayu; karena Air menghidupi Kayu; dan Kayu bisa mengontrol Tanah; sehingga terjadi keseimbangan elemen yang baru.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda