Menyerupai Gua Kuno, Museum Seni Ini Berada di Bawah Bukit Pasir

Bentuk arsitektur museum UCCA Dune Art menyerupai gua kuno yang dibuat menggunakan potongan kayu untuk membentuk kulit beton pada bagian dindingnya.

Ucca Dune Art Museum China
Museum seni Ucca Dune dibangun di bawah bukit pasir di tepi pantai. Tersedia terowongan panjang untuk akses masuk para pengunjung museum tersebut. (Foto : Wu Qingshan)

RumahHokie.com (China) – Sebuah museum seni kontemporer, UCCA Dune, dibangun tepat berada di bawah bukit pasir di tepi pantai China Timur. Gedung ini selesai dibangun setelah melewati proses konstruksi selama kurang lebih tiga tahun.

Dirancang oleh OPEN Architecture yang berbasis di Beijing, China, bentuk museum UCCA Dune Art menyerupai gua kuno yang dibuat menggunakan potongan kayu untuk membentuk kulit beton.

Biro arsitek tersebut memilih untuk meninggalkan tekstur bekisting yang tidak beraturan, sehingga jejak-jejak ketika proses konstruksi dapat dilihat pada seluruh bagian dinding.

Baca Juga: Arena Arbor, Gedung Pertemuan di Brasil yang Terinspirasi dari Struktur Pohon

Museum seni Ucca Dune Art terletak di tepian pantai di China Timur. Musem ini memiliki luas mencapai 930 meter persegi.(Foto: Wu Qingshan)

Ruang-ruang di museum UCCA Dune Art dirancang untuk saling berhubungan dengan konsep lorong-lorong gua organis.

Dalam proses pembuatannya, sang perancang terinspirasi dari bentuk dan narasi mengenai gua kuno yang dahulu menjadi hunian serta tempat prakter berkesenian awal bagi manusia.

“Dahulu bagian dinding gua kuno merupakan tempat seni pertama kali dipraktikkan. Banyak hal yang berubah dan hidup telah berubah dengan sangat cepat, namun kita masih hidup di kota-kota yang kita warisi,” jelas Li Hu, salah satu pendiri OPEN Architecture, seperti dilansir dari laman Dezeen beberapa saat lalu.

Baca Juga: Diubah Tampilannya, Gedung Bank Tua Ini Jadi Perpustakaan yang Keren

Ucca Dune Art Museum China
OPEN Architecture membuat sepuluh galeri dan sebuah kafe saling terkait di bawah pasir di dalam museum Ucca Dune Art, China. (Foto: Wu Qingshan)

Gedung museum yang dibangun seluas 930 meter persegi ini berisikan sepuluh galeri dan sebuah kafe yang saling terhubung di bawah pasir.

Ruangan kafe dibuat menghadap langsung ke arah laut, sehingga para pengunjung dapat menikmati sajian kuliner sambil memandang ke tepi pantai yang indah nan eksotis.

Baca Juga: Gedung-gedung Unik di Jakarta yang Pantas Jadi Cagar Budaya

Bangunan museum dengan bentuk arsitektur yang eksperimental ini juga akan berfungsi sebagai ruang untuk residensial dan memberi para seniman tamu sebuah studio kecil yang hanya dapat diakses dengan perahu.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda