Menyiasati Feng Shui Ruang Kantor untuk Para Bos

Meja kerja yang baik berbentuk empat persegi panjang. Bila menghendaki meja bulat atau oval, sebaiknya meja itu melengkung ‘melindungi’ yang bersangkutan.

Oleh: Mauro Rahardjo & Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Selain rumah atau apartemen, tempat kerja (kantor) juga sangat penting dalam perspektif feng shui. Arsitektur kantor berbagai macam, seperti detached building (berbentuk bangunan satu atau dua lantai) atau berupa unit dalam gedung berlantai tinggi.

Kendati demikian, menurut feng shui cara perhitungannya serupa, yaitu dengan menata interior kantor dengan baik.

Artikel kali ini membahas ruangan pimpinan, termasuk CEO, Direktur, Manager, dan Komisaris. Sementara, tips untuk ruangan staf dan ruang meeting telah dibahas pada artikel sebelumnya.

Baca Juga: Tips Menata Ruang Kantor Sesuai Aturan Feng Shui

Arah Sandaran Kursi dan Meja Kerja
Setiap individu memiliki angka Kua (Gua), yang dihitung dengan rumus Pria (x – 10 = Kua) dan rumus Wanita (5 + X = Kua).

X adalah satu angka digit dari penjumlahan dua angka tahun lahir. Catatan: untuk yang lahir sebelum 5 Februari dihitung tahun sebelumnya.

Baca Juga: Tips Menata Tata Letak Ruang Kerja Sesuai Aturan Feng Shui

Ada dua kelompok Kua, yaitu kelompok Kua Timur (Kua= 1, 3, 4, 9) dengan arah baik adalah Utara, Selatan, Timur, Tenggara, dan kelompok Kua Barat (Kua = 2, 5, 6, 7, 8) dengan arah baik adalah Barat, Barat Laut, Barat Daya, dan Timur Laut.

Misal, jika Pria lahir 1965, maka angka Kua = 10 – X = 10 – (6+5 = 11; 1+1=2) = 10 – 2 = 8 (kelompok Kua Barat).

Untuk Wanita lahir tahun 1961, maka angka Kua = 5 + X = 5 + (6+1=7) = 12 = 1 + 2 = 3 (kelompok Kua Timur).

Perlu ditegaskan, bahwa yang dimaksud dengan arah baik adalah arah hadap sandaran (bukan hadap duduknya) yang bersangkutan.

Posisi Meja Kerja
Setelah mendapatkan arah mata angin yang baik, hal berikutnya yang harus dilakukan adalah menempatkan posisi meja kerja.

Aturan feng shui mengatakan posisi meja duduk sejauh mungkin dari pintu masuk. Dalam hal ini sedapat mungkin individu duduk menghadap ke arah pintu masuk, agar mengetahui siapa yang masuk dan keluar dari meja kerjanya. Yang penting posisi meja kerja tidak lurus (langsung) terhadap pintu masuk, ini sebaiknya dihindari.

Baca Juga: Merancang Rumah dengan Metode 8 Gedung (Ba Zhai)

Bagaimana jika posisi meja kerja membelakangi pintu masuk kantor? Ini adalah kemungkinan buruk yang bisa terjadi. Untuk mengatasinya, tempatkan cermin pada posisi dinding, dimana pimpinan bisa melihat orang keluar masuk melalui bayangan pada cermin tersebut.

Bentuk Meja Kerja
Meja kerja yang baik berbentuk empat persegi panjang. Apabila menghendaki bentuk meja yang bulat atau oval, sebaiknya meja itu melengkung ‘melindungi’ yang bersangkutan.

Tetapi bentuk meja seperti ini kurang baik untuk tamu yang datang dan duduk di hadapannya. Oleh sebab itu, sebaiknya siapkan meja bulat untuk menerima tamu pada set sofa di dekatnya.

Warna Interior
Warna interior ruangan cukup penting memegang peranan. Warna ruangan baik diperhitungkan menurut Ba Zi yang bersangkutan.

Apabila seorang pimpinan memerlukan elemen yang hangat (Kayu dan Api), maka sesuaikan warna interior menjadi kehijauan dan kemerahan.

Apabila Ba Zi yang bersangkutan perlu lebih ‘dingin’, maka gunakan elemen Logam dan Air.

Lukisan dan Dekorasi
Kantor bisa dilengkapi dengan unsur dekoratif seperti lukisan, water feature, wallpaper, ukiran, benda seni, dan sebagainya. Menurut feng shui, masing-masing unsur dekoratif memiliki makna dan tujuan.

Dalam hal meletakkan lukisan pada dinding sandaran kursi kerja pemimpin perusahaan, sebaiknya menggunakan lukisan “gunung” yang memberikan kemantapan usaha.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda