Merancang Kamar Mandi dengan Nuansa Tropis nan Menyegarkan

Nuansa tropis yang alami pada desain kamar mandi, akan mendatangkan tampilan segar pada interior ruang tersebut, sekaligus menghadirkan kenyamanan.

Nuansa alami pada area kamar mandi, akan menghadirkan kenyamanan. (Foto: syonpress.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Keindahan alam di negara tropis, seperti di Indonesia, bisa menjadi salah satu inspirasi untuk diterapkan pada desain hunian anda. Jika bosan dengan tampilan desain kamar mandi, cobalah untuk mengubahnya dengan nuansa alami yang menyegarkan.

Ada berbagai cara yang dapat dilakukan demi menghadirkan suasana tropis nan menyegarkan di kamar mandi hunian anda. Mulai dari cara yang mudah dengan menempatkan tanaman tropis di sudut tertentu, hingga mengubah tampilan desainnya secara keseluruhan.

Baca Juga: 5 Trik dalam Memilih Shower yang Tepat Untuk Kamar Mandi

Hadirkan bukaan lebar

Cara yang pertama adalah membuat ruangan dengan bukaan lebar ke arah luar. Untuk mendapatkan nuansa alam yang maksimal, kamar mandi sebaiknya terhubung dengan ruang luar seperti area taman pribadi.

Jika luas kamar mandi cukup memadai, pisahkan fungsi ruang basah dan kering. Misalkan saja, dengan menempatkan bathtub atau shower di ruang bagian dalam. Namun, jika kondisi lahan tidak memungkinkan, buatlah bukaan berupa jendela sebagai sirkulasi udara serta menghadirkan pemandangan ke luar.

Gunakan material alam

Tahap selanjutnya, gunakan material alam. Anda bisa menggunakan batuan alam, seperti batu paras, andesit, palimanan, koral, granit, yang diaplikasikan pada sisi tertentu. Kombinasikan pula dengan material alam lainya, seperti bambu dan kayu sebagai pelapis dinding dan lantai. Dengan penggunaan material natural tersebut, akan mampu menciptakan kesan alami sehingga kamar mandi terasa seperti menyatu dengan alam.

Disarankan untuk memilih jenis material yang permukaannya sedikit kasar, dan tidak licin. Agar tidak membahayakan anda ketika sedang di kamar mandi. Berikan pula lapisan coating agar material tidak mudah berjamur.

Baca Juga: Hilangkan Bau Tak Sedap di Kamar Mandi Dengan Bahan Alami

Tambahkan tanaman tropis

Langkah terakhir, tambahkan tanaman tropis yang diletakan di sisi tertentu sebagai aksentuasi ruang. Anda bisa meletakan tanaman hias maupun tanaman jenis lainnya yang ditempatkan pada wadah pot atau vas.

Selain berfungsi sebagai elemen dekoratif, tumbuhan tropis tertentu bahkan memiliki manfaat sebagai penyerap bau tak sedap dan sumber oksigen, seperti tanaman sansivera atau yang lebih dikenal dengan tanaman lidah buaya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda