Merancang Rumah dengan Metode 8 Gedung (Ba Zhai)

Metode Ba Zhai dalam feng shui memerhatikan tahun lahir seseorang untuk memeroleh empat orientasi kompas yang baik dan empat orientasi kompas yang buruk.

rumah-contoh-gading-serpong-paramount-land-rumahhokie-anto-erawann-dok
Perhitungan utama Ba Zhai ditentukan oleh kepala keluarga, yaitu orang yang menjadi tulang punggung keluarga (Foto: Anto Erawan - RumahHokie.com),

Oleh: Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo

RumahHokie.com – Meskipun Anda bukan seorang arsitek, tetapi mungkin Anda tertarik merencanakan rumah sendiri. Selain desain arsitektur, feng shui juga memiliki aturan sendiri dalam merencanakan rumah.

Artikel ini memaparkan cara sederhana merancang rumah menggunakan teknik feng shui yang populer digunakan, yaitu Metode Ba Zhai (bisa diterjemahkan dengan istilah Delapan Gedung).

Baca Juga: Antisipasi Energi Buruk dalam Ruangan Berwarna Gelap

Metode Ba Zhai tidak sama dengan metode populer lainnya, seperti metode Fei Xing yang memerhatikan dan memperhitungkan dimensi waktu. Metode ini memerhatikan tahun lahir seseorang untuk memeroleh empat orientasi kompas yang baik dan empat orientasi kompas yang buruk.

Keempat arah kompas yang baik dinamakan: Sheng Qi, Tian Yi, Nian Yan, dan Fu Wei. Keempat arah kompas yang buruk dinamakan: Huo Hai, Wu Gui, Liu Sha, dan Jue Ming.

Menurut Metode Ba Zhai, arah orientasi kompas yang baik bisa digunakan untuk fungsi-fungsi yang baik di dalam rumah, yaitu: pintu masuk utama, kamar tidur utama, ruang kerja/kantor, dan ruang keluarga.

Sedangkan teori Ba Zhai menganjurkan arah orientasi kompas yang buruk bisa ditekan dengan menempatkan: kamar mandi/WC (dibilas), dapur (dibakar) dan gudang (diperangkap).

Kepala Keluarga
Perhitungan utama ditentukan oleh kepala keluarga, yaitu yang memberi kesejahteraan pada keluarga (tulang punggung keluarga), pada umumnya, atau kebanyakan ayah/suami. Akan tetapi, sebenarnya dalam beberapa hal, seorang ibu/istri adalah kepala keluarga, karena sang ibu juga berperan dalam kesejahteraan keluarga.

Misalnya, sang suami karena sesuatu hal sudah tidak dapat bekerja lagi, atau mungkin juga posisi seorang isteri dalam perusahaan cukup tinggi, sehingga ia memiliki income utama dalam keluarga.

Baca Juga: Delapan Tips Membuat Ruang Keluarga Ideal Menurut Feng Shui

Di sisi lain, masing-masing anak akan mendapatkan arah kompas yang baik sesuai dengan tahun kelahirannya masing-masing.

Sebagai contoh, sepasang suami-isteri akan membangun rumah pada sebuah kavling yang telah lama dihadiahkan orang tuanya. Tanah ini menghadap ke Utara bersandar ke Selatan dengan ukuran panjang 15 meter dan lebar 12 meter.

Suami kelahiran 1981 sedangkan isteri kelahiran 1988. Mereka adalah pasangan muda yang belum memiliki anak.

Baca Juga: Menentukan Posisi Toilet Terbaik di Rumah Menurut Feng Shui

Langkah pertama menentukan angka Kua untuk suami isteri ini adalah sebagai berikut:  Rumus Kua Pria= 10 – X = Angka Kua.  Dimana X adalah dua digit angka tahun kelahiran yang dijumlahkan hingga satu digit. Diperoleh: 10 – ( 8 + 1) = 10 – 9 = 1 (Kua = 1).

Rumus Kua Wanita= 5 + X = Angka Kua. Dimana X adalah dua digit angka tahun kelahiran yang dijumlahkan hingga menjadi satu digit. Diperoleh: 5 + (8 + 8) = 5 + (16 = 1 + 6 = 7) = 5 + 7 = 12 = 1 + 2 – 3 (Kua = 3).

Setelah mendapatkan angka tersebut, kemudian menentukan arah kompas yang baik sebagai berikut:

Pada tabel di atas, tampak suami dan isteri memiliki arah baik dan buruk yang serumpun, yaitu kelompok Kua Timur. Bagaimana hal ini diwujudkan dalam rencana denah rumah?

Lihat gambar-gambar berikut:

Lantai dasar pada arah baik utara digunakan sebagai pintu masuk dan ruang tidur tamu, sedangkan arah buruk di Timur Laut di tempatkan Kamar Mandi/WC, demikian pula arah buruk barat daya digunakan sebagai dapur, Kamar mandi/WC.
Lantai atas menempatkan posisi ruang tidur utama pada sektor terbaik, yaitu Tenggara dan Selatan, sementara sektor buruk di Timur Laut untuk kamar mandi /WC, demikian pula sektor buruk Barat Daya.

Dr. Mauro Rahardjo dan Lelyana Rahardjo adalah Pendiri Feng Shui School Indonesia. Pasangan suami-istri yang tinggal di Surabaya ini merupakan penulis artikel feng shui untuk RumahHokie.com.

Bila Anda memiliki pertanyaan, kirimkan ke: redaksi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda