Merawat Tanaman di Dalam Ruangan dengan 4 langkah

Agar tanaman di dalam ruangan (indoor plants) awet dan tetap hidup dengan sehat, tentunya kita perlu memperhatikan mengenai perawatannya.

5 Langkah Tanaman di dalam ruang tetap hidup-RumahHokie.com-istimewa
(Foto: goodhousekeeping)

RumahHokie.com (Jakarta) – Keberadaan tanaman di dalam ruangan amat berperan dalam menghadirkan udara yang sehat. Selain itu pula, peletakannya juga dapat berfungsi sebagai aksen yang menyegarkan ruangan.

Agar tanaman di dalam ruangan (indoor plants) awet dan tetap hidup dengan sehat, tentunya kita perlu memperhatikan mengenai perawatannya.

Karena, umumnya tanaman jenis tersebut harus mendapatkan paparan sinar matahari yang seimbang. Tidak boleh kurang akan tetapi juga tidak boleh berlebih. Begitu pula dengan pemberian air

Nah, berikut ini adalah empat langkah merawat tanaman di dalam ruangan (indoor plants) kesayangan Anda yang dikutip dari laman digital Elle Decor.

Baca Juga : Tips Hadirkan Suasana Interior Cantik dengan Tanaman Hias

Benahi saluran drainase

(Foto: rooang)

Langkah pertama yang bisa Anda lakukan jika ingin tanaman dalam ruang tumbuh secara sehat adalah perhatikan sistem drainase air di dalam pot indoor plants. Komposisi tanah dengan kerikil yang tepat, akan membuat akar tanaman tidak membusuk.

Anda dapat menerapkan komposisi medium tanamnya dengan cara setengah untuk tanah dan setengah lagi diisi oleh batuan kerikil kecil.

Beri pupuk buatan dari cangkang telur

(Foto: kabartani)

Cara berikutnya yang tak kalah penting adalah tingkatkan kadar kalsium dan kalium tanaman Anda dengan pupuk buatan. Anda bisa membuatnya dari gabungan kulit telur dan air dalam wadah yang kosong.

Caranya, rebus cangkang telur dalam satu galon air selama 5 menit. Biarkan terendam setidaknya 8 jam dan simpan dalam stoples di bawah wastafel Anda (atau di garasi Anda).
Jika sudah melewati jam tersebut, maka Anda siap menggunakan cairan pupuk buatan untuk tanaman.

Baca Juga : Minim Perawatan, Tanaman Hias Ini Patut Diadopsi

Rajin untuk memangkas

(Foto: planinstruction)

Jika memiliki  tanaman indoor di rumah, Anda harus tahu cara memangkasnya. Pelajari teknik yang akan membuat mereka tetap hidup. Sama seperti Anda, tanaman membutuhkan potongan agar menjaganya tetap sehat dan terlihat seperti yang terbaik.

Siram secukupnya

(Foto : istimewa)

Setiap jenis tanaman membutuhkan sejumlah air dan sinar matahari yang cukup untuk bertahan hidup. Oleh karena itu, rajinlahuntuk menyiramkan air ke tanaman di dalam ruangan Anda.

Akan tetapi yang Anda perlu perhatikan, janganlah memberikan menyiramnya terlalu banyak. Karena hal tersebut dapat menyebabkan tanaman membusuk dan mati.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda