Meriahkan Perayaan Imlek dengan Tips Dekorasi Meja Makan Nan Cantik

Untuk membuat suasana perayaan Tahun Baru Imlek terasa lebih meriah dan hangat diperlukan penataan interior yang menarik, termasuk pada dekorasi meja makan.

tips dekorasi meja makan untuk imlek, tahun baru china, tahun baru imlek, makan bersama saat imlek
Ide dekorasi meja makan untuk rayakan Tahun Baru Imlek yang meriah. (Foto: Istimewa)

RumahHokie.com (Jakarta) – Ketika malam sebelum Tahun Baru Imlek, masyarakat yang merayakannya memiliki tradisi bersilaturahmi dan makan bersama keluarga. Tradisi Imlek itu disebut Tuan Yuan Fan, atau yang berarti pula makan malam reuni keluarga.

Kegiatan berkumpul keluarga itu tentunya akan berfokus pada area meja makan dan ruang makan. Nah, untuk membuat suasana perayaan Tahun Baru China terasa lebih meriah dan hangat maka diperlukan penataan interior yang menarik, termasuk pada dekorasi meja makan cantik.

Maka, cobalah luangkan waktu untuk mengatur meja makan di rumah, agar area itu menjadi salah satu tempat favorit bagi keluarga dan para tamu di momen Imlek nanti.

Baca Juga: Nasib dan Peruntungan Shio Anda di Tahun Tikus Emas 2020

Mengutip Nova Grid, Dian Elvira Rosa dari Kemala Home Living, membagikan beberapa tips dekorasi meja makan untuk menghadirkan suasana Imlek yang meriah dan cantik.

Indah dengan warna
Untuk mendapat dekorasi meja makan yang indah pada saat Imlek, menurut Dian bisa dimulai dengan menggunakan pilihan tone warna menarik.

Dia mencontohkan, pemilik rumah bisa menonjolkan warna merah, oranye dan
hijau, sebagai warna khas dari perayaan Tahun Baru China.

Baca Juga: 5 Pilihan Resto untuk Rayakan Tahun Baru Imlek Bersama Keluarga

Ketiga warna tersebut, bisa diaplikasikan di atas taplak meja putih untuk menimbulkan kesan kontras yang cantik, dengan elemen interior ruang makan lainnya.

Sebagai centerpiece, pemilik hunian bisa menggunakan rangkaian bunga anggrek merah yang diletakkan di dalam vas kaca serta dan dihiasi dengan lampion kecil.

Gunakan peralatan makan cantik
Setelah dasar dekorasi meja makan sudah terbentuk, kemudian Dian Elvira menjelaskan susunlah peralatan makan cantik. “Misalnya saja dengan menggunakan piring kayu cantik. Di atas piring kayu itu bisa diletakkan makanan khas Imlek,” tuturnya.

Baca Juga: Mitos Perayaan Imlek Tentang Rumah yang Harus Kamu Ketahui

Sedangkan untuk menempatkan buah-buahan khas Imlek, seperti jeruk, dapat disajikan di atas wadah keramik bermotif oriental.

Jangan lupakan hiasan sebagai aksen
Untuk menyempurnakan dekorasi meja makan, pemilik rumah menurut Dian juga bisa menambahkan hiasan Imlek yang melambangkan keberuntungan dan kemakmuran.

Misalnya dengan menggunakan warna merah pada table runner serta menghadirkan simbol-simbol khas perayaan Tahun Baru China, seperti lentera, pohon angpao dan sebagainya.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda