Metode Ini Cara Sederhana Mengupas Wallpaper Paling Cermat

Jika tidak mengetahui trik satu ini, mengganti wallpaper adalah hal sulit dilakukan. Supaya hasilnya memuaskan, lakukan proses pemanasan untuk mengupas wallpaper.

Ingat, jangan mencongkel wallpaper dalam potongan-potongan kecil. Cara ini akan mempersulit pengelupasan dalam jangka panjang. Foto: customwallpaper3d.co.id

RumahHokie.com (Jakarta) – Anda yang ingin mengubah suasana ruang, langkah yang bisa dilakukan adalah mengganti pelapis warna dindingnya (wallpaper). Namun, untuk mengupasnya Anda butuh trik khusus.

Ya, penggunaan pelapis ini cenderung sulit dilepaskan. Kalaupun bisa terkupas, pasti menyisakan bekas. Lalu, bagaimana caranya melepaskan wallpaper itu agar tampilan dindingnya tetap terjaga baik.

Berikut ini hal yang perlu Anda ketahui untuk mengupas pelapis dinding dengan mudah. Langkah cermat yang diperlukan, sebaiknya persiapkan alat bantunya dulu.

Baca juga: Dekorasi Wallpaper Model Ini Tawarkan Sensasi Ruang Nan Alami

Siapkan alat pengering rambut (hair dryer). Caranya, aktifkan alat pengering rambut dan arahkan pada sudut maupun tepi wallpaper. Panaskan selama 30 detik, dengan begitu perekat (lem) kertas itu akan memuai.

Longgarkan tepiannya, gunakan ujung pisau untuk mengangkat kertas yang menempel pada dinding secara perlahan. Biar lebih mudah, lakukan secara berulang sehingga perekat menjadi renggang secara merata, teruskan mengupasnya hingga terlepas.

Lanjutkan proses pemanasan dan mengupas wallpaper pada bagian lain. Pertahankan posisi alat pengering rambut pada bagian kertas yang belum terkelupas. Lanjutkan hingga ke bagian bawah kertas tersebut, panaskan dan kupas perlahan hingga seluruh bagiannya terlepas dari dinding.

Ingat, jangan mencongkel wallpaper dalam potongan-potongan kecil. Cara ini akan mempersulit pengelupasan dalam jangka panjang. Selain bekasnya akan meninggalkan sisa potongan tipis, dinding akan bergelombang jika dipasang ulang pelapisnya.

Metode Pelepas Lapisan Dinding
Jika masih menempel kuat pada dinding, jangan lakukan cara ini secara memaksa. Bisa jadi, dengan metode ini proses pengelupasannya tidak maksimal. Agar tidak merusak dinding, sebaiknya mengupayakan cara lain.

Metode lain bisa dengan cara menyemprotkan larutan. Cara ini untuk melepaskan lapisan perekatnya. Larutan apa saja yang mampu mengupas kertas? Satu diantaranya adalah cuka apel yang dicampur air.

Larutan alami ini dipercaya mampu bereaksi dengan baik untuk mengupas kertas. Hanya saja, cuka apel meninggalkan aroma menyengat. Cairan lain yang bisa digunakan yaitu pelembut pakaian dan air. Larutan ini relatif murah dan sederhana.

Jika kedua larutan itu tidak efektif, ada pengelupas wallpaper buatan pabrik. Anda dapat membeli larutan itu di toko material.

Perangkat bantu yang bisa dipilih dapat menggunakan alat pelubang (perforator) untuk menyayat wallpaper. Alat ini sangat membantu mengupas kertas dekoratif jika materialnya terbuat dari vinil.

Jika Anda tidak menyayatnya, larutan pengelupas tidak akan bisa merembes ke dalamnya. Caranya, keriklah menggunakan perforator selama beberapa menit sampai permukaan lembaran vinil penuh dengan lubang-lubang kecil.

Pastikan bahwa alat yang Anda gunakan terbuat dari plastik, bukan logam. Perforator berbahan logam dapat merusak lapisan dinding di bawahnya.

Jika Anda tidak memiliki perforator, gunakan pisau plastik untuk membuat sayatan yang saling bersilangan di atas permukaan kertas dekoratif. Dengan begitu, pelapis itu dipastikan mudah terangkat dengan cepat. Selamat mencoba.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda