Minim Perawatan, Tanaman Hias Ini Patut Diadopsi

Merawat tanaman hias ini terbilang mudah, hanya saja memerlukan penyiraman yang teratur. Cocoknya ditempatkan di luar ataupun di dalam ruangan

Tanaman hias Begonia sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai menjadi gardener. Proses menanamnya hampir sama dengan tanaman hias lainnya. Foto: bp.blogspot.com

RumahHokie.com (Jakarta) – Saat liburan adalah waktu yang tepat untuk bercocok tanam. Selain tak terbentur oleh batasan waktu, eksplorasi mempercantik halaman jadi lebih maksimal. Hasilnya, rumah jadi terkesan asri, sejuk juga teduh.

Menghadirkan tanaman hias di halaman rumah dapat membuat Anda betah, warna warni bunga yang cantik juga bisa memperkaya suasana rumah jadi terasa lebih thidup.

Agar tidak direpotkan mengurus tanaman hias tersebut, Anda bisa memilih jenis yang tak memerlukan perawatan khusus.

Baca juga: Dinding Penyimpan Buku, Cara Mudah dan Fungsional Redam Suara

Salah satu yang bisa dipilih adalah tanaman hias Begonia. Jenis satu ini adalah tanaman yang mudah ditanam dan dirawatnya. Untuk bisa merawatnya sangatlah sederhana. Tanaman Begonia merupakan tumbuhan tropis dan subtropis.

Selain dapat diletakkan di media tanah yang besar berupa taman, penempatan jenis tanaman ini juga bisa diletakkan dengan cara digantung.

Tanaman hias Begonia sangat cocok bagi Anda yang ingin memulai menjadi gardener. Proses menanamnya hampir sama dengan tanaman hias lainnya. Berikut ini, cara menanam dan merawatnya.

Tanaman Begonia pada umumnya memiliki dua jenis cara proses pembudidayaan. Selain dengan cara menanam benih, tanaman cantik ini juga bisa disetek.

Pilih Media Tanam
Tanaman hias Begonia merupakan tumbuhan yang cocok ditempatkan di luar ataupun di dalam ruangan. Kalau ditanam di luar, Anda harus memastikan terkena cahaya matahari yang sesuai. Hal ini bisa membantu untuk proses fotosintesis.

Sedangkan kalau ditanam di dalam ruangan, pastikan tanah yang digunakan adalah sekam agar penyerapan airnya cepat masuk ke dalam tanaman hias Begonia.

Merawat jenis tanaman hias ini juga terbilang mudah, hampir sama dengan tanaman lain hanya memerlukan penyiraman yang teratur.

Namun hal yang harus diperhatikan adalah jumlah kebutuhan air yang diperlukan. Saat merawatnya, usahakan untuk tidak terlalu banyak menyiraminya. Perhatikan juga kebutuhan airnya, jika media tanamnya (tanah) kering, tanaman Begonia malah akan layu.

Dalam hal ini, Anda harus seimbang pada saat merawatnya. Untuk pemupukan, alangkah baiknya bisa dilakukan selama lima bulan sekali. Lakukan pemupukan bila nutrisi tanaman hias terlihat kering.

Agar tanaman hias ini terhindar dari hama, sebaiknya melakukan penyemprotan obat anti hama yang memiliki kadar pestisida rendah. Perawatannya bisa dilakukan secara berskala yaitu sebulan sekali.

Jika dilakukan terlalu sering justru akan merusak tanaman. Usahakan untuk tidak berlebihan memberikan obat anti hama pada tanaman unik ini.

Semoga uraian di atas dapat bermanfaat buat Anda.

Dedy Mulyadi
dedy.mulyadi@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda