Mowilex Jadi Produsen Cat yang Netral Karbon Pertama di Indonesia

SCS Global Services telah melakukan evaluasi terhadap perhitungan emisi dalam lingkup seluruh lokasi operasional yang digunakan oleh Mowilex.

Mowilex, Niko Safavi, SCS Global Services
Mowilex memulai inisiatif operasional internal untuk meminimalisir jejak karbon pada produksi cat mereka. (Foto: dok. Mowilex)

RumahHokie.com (Jakarta) – Perusahaan cat, PT Mowilex Indonesia, mengumumkan bahwa mereka telah berhasil menjadi produsen yang netral karbon pertama di Indonesia, berdasarkan penilaian SCS Global Services.

Badan sertifikasi yang diakui secara internasional itu, telah melakukan evaluasi terhadap perhitungan emisi dalam lingkup seluruh lokasi operasional yang digunakan oleh Mowilex.

Melansir dari PR Newswire, Selasa (05/11/2019), Niko Safavi, CEO PT Mowilex Indonesia, mengatakan pihaknya memiliki sejumlah inisiatif dan program untuk mengurangi dampak negatif terhadap lingkungan.

Baca Juga: Begini Kriteria Cat Dinding yang Aman Menurut Ahli Kesehatan

“Menjadi pemimpin dalam sektor industri cat lebih dari hanya memproduksi cat dan pelapis
yang berkualitas tinggi untuk customer kami. Menjadi pemimpin berarti berani bertanggung jawab untuk emisi karbon yang dihasilkan oleh seluruh operasional kami,” ucap Niko.

Dia berharap, langkah yang dilakukan Mowilex dapat menginspirasi perusahaan-perusahaan lainnya untuk menanggapi target iklim yang telah ditentukan oleh pemerintah Indonesia.

Sementara itu dalam kesempatan yang sama, Nicole Munoz, Managing Director Environmental Certification Services SCS Global Services menjelaskan, Mowilex telah mengimbangi emisi yang berasal dari operasional bisnis mereka di 11 lokasi, termasuk pabrik mereka.

Baca Juga: Kelebihan Menerapkan Cat Dinding Warna Putih untuk Interior Rumah

Nicole mengatakan perusahaan cat tersebut telah mengimbangi emisi jejak karbon mereka dengan mengikuti CarbonNeutral Protocol yang dikembangkan oleh Natural Capital Partners.

“Untuk mencapai netralitas karbon, mereka telah memulai serangkaian inisiatif operasional
internal yang bertujuan untuk meminimalisir emisi gas efek rumah kaca,” tutur Nicole.

Lebih lanjut dia berujar, beberapa inisiatif yang dilakukan meliputi pembaruan sistem HVAC, penggunaan vendor transportasi kendaraan yang lebih efisien, serta rencana konversi forklift diesel ke propana.

Baca Juga: Tips Mengecat Dinding dengan Memakai Skema Dua Warna atau Lebih

“Pencapaian netral karbon oleh Mowilex adalah suatu tonggak sejarah yang penting dalam suatu negara. Kini para konsumen mencari merk-merk yang terdorong oleh nilai-nilai keberlanjutan lingkungan,” kata Nicole Munoz.

Sebagai informasi tambahan, untuk mengimbangi sisa dari jejak karbon perusahaan, Mowilex juga telah bekerjasama dengan Natural Capital Partners, dan salah satu anak perusahaan dari perusahaan asal Kanada, Just Energy.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda