Munculkan Nuansa Interior Hunian yang Lembut dengan 3 Cara

Jika merasa tampilan interior yang 'kalem' kurang maksimal, anda tak perlu mengubah keseluruhan tatanan. Cukup tambahkan beberapa hal ini di ruangan hunian.

Penggunaan warna netral ataupun warna pastel lainnya dapat membuat interior terasa lebih luas dan memberikan tampilan yang lebih lembut. (Foto: houseologydesign.com)

RumahHokie.com (Jakarta) – Penataan interior serta pemilihan warna cat dinding dan elemen dekoratif pada sebuah ruangan tak terlepas dari cita rasa personal sang pemilik hunian. Oleh karenanya, muncul ungkapan rumah merupakan cerminan kepribadian seseorang.

Bagi pemilik hunian dengan pembawaan diri yang lembut, pilihan untuk menghadirkan interior dengan nuansa yang ‘kalem’, akan menjadi prioritas utama. Namun, ada kalanya nuansa ‘kalem’ yang ingin dibangun pada tampilan interior tidak muncul secara maksimal.

Baca Juga: Tema Pop Art, Bikin Nuansa Interior Hunian Terasa Berbeda

Jika merasa tampilan interior yang lembut dan ‘kalem’ kurang maksimal, anda tidak perlu mengubah keseluruhan tatanan ruang. Cukup tambahkan beberapa hal ini di ruangan hunian anda untuk melembutkan tampilan interior ruang dan membuatnya menjadi lebih indah.

Gunakan skema warna netral ataupun Warna Pastel

Penggunaan skema warna netral, seperti warna putih serta warna pastel dapat membuat ruangan terasa lebih lembut. Selain itu, ruangan akan terkesan lebih luas dan bersih. Anda bisa menerapkan skema warna netral ataupun warna pastel pada bagian dinding maupun pemilihan furnitur dengan warna yang memiliki nuansa ‘kalem’.

Apabila menghadirkan furnitur dengan warna netral terlalu sulit untuk diganti, anda bisa mengaplikasikan warna netral dan pastel melalui penggunaan cushions, vas, karpet, tirai, atau benda-benda dekoratif lain yang juga diletakkan dalam ruang.

Letakan unsur material alam

Bila di rumah anda terdapat furnitur dari material kayu alami, tonjolkan kehadirannya
untuk memberi gradasi warna serta memberikan kesan ‘hangat’ pada ruangan. Anda juga bisa meletakan ornamen dekoratif berbahan dasar batuan alam. Kehadiran unsur material alam pada interior, akan membuat interior terasa nyaman.

Baca Juga: 6 Inspirasi Rancangan Ruang Kerja yang Nyaman Diterapkan di Rumah

Pencahayaan

Pemilihan pencahayaan sangat berpengaruh terhadap ambience ruangan secara keseluruhan. Agar memberikan tampilan dengan kesan yang lembut, pilihlah lampu yang memiliki intensitas pencahayaan lembut dan menyebar.

Pilihlah jenis lampu Halogen agar tampak seperti pancaran sinar matahari. Lampu halogen memiliki sifat cahaya yang lebih tenang dan lembut dibandingkan lampu pijar pada umumnya, namun masih lebih hangat ketimbang lampu fluorescent. Anda juga bisa meletakan lampu meja dengan ambience yang hangat. Selain berfungsi sebagai penerang, kehadirannya juga bisa menjadi aksen pada ruangan.

Adhitya Putra Pratama
adhitya.putra@rumahhokie.com

Please follow and like us:

Silakan Beri Komentar

Komentar Anda